Alasan Bagus Kahfi Klop dengan Strategi Timnas Indonesia U-19 Racikan Shin Tae-yong

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 19 November 2020 13:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 19 51 2312305 alasan-bagus-kahfi-klop-dengan-strategi-timnas-indonesia-u-19-racikan-shin-tae-yong-EoIAqNe1lj.jpg Bagus Kahfi dapat diandalkan Timnas Indonesia U-19. (Foto: PSSI)

JAKARTA Amiruddin Bagus Kahfi belum dipanggil ke dalam 38 nama pemain Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 yang menjalani pemusatan latihan di Jakarta dari 16-23 November 2020. Belum dipanggilnya Bagus Kahfi disinyalir karena yang bersangkutan masih dalam proses penyembuhan cedera engkel.

Jika sudah pulih dari cedera yang mendera sejak Maret 2020, hanya masalah waktu Bagus Kahfi kembali bergabung bersama skuad Garuda Nusantara. Hanya saja, Bagus Kahfi mesti beradaptasi.

Bagus Kahfi

Sebab, Timnas Indonesia U-19 saat ini tidak lagi ditangani Fakhri Husani, pelatih yang membawa Bagus Kahfi dan kawan-kawan lolos ke Piala Asia U-19 2020. Posisi Fakhri Husaini di kursi pelatih Timnas Indonesia U-19 sudah digantikan Shin Tae-yong per Desember 2019.

Sejak Januari 2020, Shin Tae-yong memegang langsung latihan Timnas Indonesia U-19 yang digelar di Cikarang. Hanya saja, Bagus Kahfi tidak bisa bergabung kala itu karena sedang memperkuat Garuda Select yang berguru di Tanah Inggris.

Ketika Timnas Indonesia U-19 menjalani pemusatan latihan di Jakarta pada Juli dan disusul di Kroasia sebulan berselang, Bagus Kahfi juga tidak bergabung. Bagus Kahfi tidak bergabung karena mengalami cedera engkel sejak Maret 2020.

BACA JUGA: Jika Gabung Klub Belanda, Bagus Kahfi Ikuti Jejak Irfan Bachdim dan Van Beukering?

Sekarang yang jadi pertanyaan, jika Bagus Kahfi benar dipanggil pelatih Shin Tae-yong, bisakah Bagus Kahfi beradaptasi dengan pola racikan pelatih asal Korea Selatan tersebut?

Sekadar informasi, ketika ditangani Fakhri Husaini di Timnas Indonesia U-16 dan U-19, pelatih asal Aceh itu selalu memainkan formasi 4-3-3. Dalam pola ini, Bagus Kahfi dapat diperankan di dua posisi berbeda, yakni winger atau penyerang tengah.

Elkan Baggott

Bagaimana dengan pola andalan Shin Tae-yong? Pelatih 50 tahun ini mengandalkan formasi 4-4-2. Hal itu berarti, ada dua penyerang yang bekerja beriringan di lini depan skuad Garuda Nusantara.

Bagus Kahfi diprediksi langsung klop dengan pola racikan Shin Tae-yong. Sebab, penyerang yang identik dengan rambut kribo ini jago dalam urusan adaptasi. Medio Desember 2019. Bagus Kahfi bergabung dengan Garuda Select Season II. Saat itu Bagus Kahfi melewatkan delapan laga awal Garuda Select di Tanah Inggris.

Meski telat datang, Bagus Kahfi justru muncul sebagai top skor Garuda Select! Sebelum mengalami cedera pada 6 Maret 2020 saat menghadapi Reading, Bagus Kahfi telah mencetak 16 gol bagi Garuda Select.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini