Lionel Messi Gabung Manchester City, Ini 4 Formasi yang Bisa Dijajal Guardiola

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 19 November 2020 09:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 19 51 2312145 lionel-messi-gabung-manchester-city-ini-4-formasi-yang-bisa-dijajal-guardiola-hdhzjT1wAz.jpg Lionel Messi segera gabung Man City. (Foto: Laman resmi Barcelona)

MANCHESTER Lionel Messi semakin dekat dengan pintu masuk Manchester City. Kemarin, La Pulga –julukan Lionel Messi– lagi-lagi diributkan dengan masalah pajak yang sempat menderanya di Spanyol. Hal itu membuat Lionel Messi semakin yakin untuk meninggalkan Barcelona pada musim panas 2021.

Man City pun siap menampung Lionel Messi. Tenaga Lionel Messi dibutuhkan Man City yang memburu trofi pertama Liga Champions semenjak pertama kali berdiri pada 16 April 1894.

Lionel Messi

(Lionel Messi saat bertemu orang pajak di Bandara Kota Lima, Peru)

Jika benar gabung Man City, akan bermain di posisi apa Lionel Messi nantinya? Menurut laporan The Sun, pelatih Josep Guardiola dapat memainkan empat formasi berbeda demi mengakomodasi kemampuan pemain asal Argentina tersebut.

Pertama adalah 4-3-3. Dalam pola ini, La Pulga dapat diperankan di dua posisi berbeda, yakni winger kanan dan penyerang palsu atau biasa disebut false nine. Untuk beroperasi sebagai winger kanan, peluang Lionel Messi cukup besar.

Sebab, Man City tidak benar-benar memiliki winger kanan jempolan. Sebab, Riyad Mahrez, Phil Foden dan Bernardo Silva yang dipercaya gantian mentas di posisi tersebut tidak tampil konsisten. Berbeda halnya di posisi penyerang tengah.

BACA JUGA: Diperiksa Orang Pajak Gara-Gara Masalah di Spanyol, Lionel Messi Merapat ke Man City

Di sana terdapat dua bomber yang dapat memanfaatkan assist-asisst dari Lionel Messi, yakni Sergio Aguero dan Gabriel Jesus. Kemudian formasi kedua yang bisa dijajal adalah 4-4-2. Dalam pola ini, Lionel Messi dapat berduet dengan Aguero di lini depan Man City.

Formasi selanjutnya adalah 4-2-3-1, atau pola yang digunakan pelatih Barcelona saat ini, Ronald Koeman. Dalam pola ini, Lionel Messi mentas sebagai second striker, beroperasi di belakang penyerang tunggal Gabriel Jesus.

Lionel Messi

Jika mentas di posisi ini, jumlah asisst Lionel Messi biasanya bisa menembus dua digit. Hal ini sempat dilakukan Lionel Messi bersama Barcelona musim lalu, yang mana mencapai 25 assist.

Terakhir, pola yang dapat digunakan adalah 3-4-1-2. Dalam pola ini, Lionel Messi akan bertugas sebagai playmaker. Lionel Messi akan menyokong duet Gabriel Jesus dan Sergio Aguero.

Sekarang tinggal ditunggu, akankah manajemen Man City sanggup mendatangkan Lionel Messi atau tidak pada Januari 2021. Jika berhasil, tenaga Lionel Messi akan jadi tambahan luar biasa bagi Manchester Biru.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini