Inggris Disarankan Tunjuk Mourinho untuk Gantikan Southgate

Ezha Herdanu, Jurnalis · Senin 16 November 2020 11:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 16 51 2310251 inggris-disarankan-tunjuk-mourinho-untuk-gantikan-southgate-JdC7TTAPZL.jpg Gareth Southgate (Foto: Carl Recine/REUTERS)

LONDON – Mantan pemain Tottenham Hotspur, Ahmed Hossam Mido, memberikan saran kepada FA (Federasi Sepakbola Inggris) untuk menunjuk Jose Mourinho sebagai pengganti Gareth Southgate sebagai pelatih tim nasional (Timnas) mereka. Sebab, Mido merasa Southgate bukan sosok pelatih yang tepat untuk menangani Timnas Inggris saat ini.

Sebagaimana diketahui, Southgate sendiri resmi ditunjuk sebagai pelatih Timnas Inggris sejak 30 November 2016. FA menunjuk Southgate sebagai pelatih baru Timnas Inggris guna menggantikan peran Sam Allardyce yang terlibat kasus transfer pemain di bawah umur.

Kiprah Southgate bersama Timnas Inggris sendiri memang sempat menuai pujian dari banyak pihak. Terlebih pada saat Southgate berhasil membawa skuad The Three Lions –julukan Timnas Inggris– menembus semifinal Piala Dunia 2018 Rusia.

Gareth Southgate

Akan tetapi belakangan ini, banyak komentar miring mengiringi perjalanan karier Southgate sebagai juru taktik Harry Kane dan kawan-kawan. Pasalnya, Southgate acap kali gagal menghadirkan hasil maksimal untuk Timnas Inggris di sejumlah laga krusial.

Baca Juga: Jordan Henderson Cedera, Liverpool Semakin Merana

Teranyar, Timnas Inggris harus menelan pil pahit ketika dikalahkan Belgia dalam lanjutan UEFA Nations League (UNL) musim 2020-2021. Dalam pertandingan yang dihelat di King Power at Den Dreef Stadion, Timnas Inggris takluk 0-2 dari Belgia via gol Youri Tielemans dan Dries Mertens.

Dengan hasil minor tersebut, membuat Mido semakin memiliki keyakinan besar bahwa Southgate bukan sosok pelatih yang tepat untuk Timnas Inggris pada saat ini. Mido pun menyarankan agar FA mempertimbangkan untuk menunjuk Mourinho sebagai pelatih anyar Timnas Inggris.

“Inggris membutuhkan manajer yang tepat. Mereka membuang-buang waktu dengan Southgate. Memang benar dia selalu mengatakan hal yang benar di media dan mungkin itu sebabnya dia mempertahankan pekerjaannya begitu lama,” jelas Mido, seperti disadur dari Goal, Senin (16/11/2020).

“Akan tetapi percayalah, dia gagap setiap kali ada yang tidak beres pada paruh waktu. Pemain merasakan ketakutannya! Saya ingat dia di Middlesbrough, dia sangat ketakutan saat kami berjuang melawan degradasi,” sambungnya.

“Benar, itu adalah pekerjaan pertamanya, tetapi hal ini tidak pernah berubah. Jika Anda takut kalah dalam pertandingan sepakbola, Anda akan selalu takut kalah dalam pertandingan sepakbola !! Dan pemain selalu bisa merasakannya.”

Baca Juga: Grealish Terpukul dengan Kekalahan Inggris dari Belgia

“Inggris memiliki beberapa talenta top di sisi mereka, tetapi mereka membutuhkan seorang manajer dengan karakter yang kuat, seseorang yang bisa membuat mereka menikmati diri mereka sendiri dan bermain tanpa rasa takut. Maaf, tapi Southgate bukanlah orang yang tepat untuk melakukan itu.”

“Saran saya untuk FA adalah pergi dan dapatkan Mourinho sebagai pelatih kepala Anda dan tunjuk Southgate sebagai ketua FA. Keduanya sempurna untuk pekerjaan itu. Singkirkan Southgate dari para pemain sejauh yang Anda bisa,” tutup pria berkebangsaan Mesir itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini