Portugal Ditekuk Prancis, Fernando Santos Bakal Sulit Tidur Nyenyak

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Minggu 15 November 2020 16:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 15 51 2309953 portugal-ditekuk-prancis-fernando-santos-bakal-sulit-tidur-nyenyak-NtQUrV8ZUy.JPG Fernando Santos berteriak di pinggir lapangan (Foto: Reuters/Rafael Marchante)

LISBON Tim Nasional (Timnas) Portugal sudah pasti tersingkir dari ajang UEFA Nations League A 2020-2021. Kekalahan dari Prancis dengan skor 0-1 membuat anak asuh Fernando Santos mungkin akan sulit tidur nyenyak. Meski terasa sesak, mereka akan tetap tampil sepenuh hati saat melawan Kroasia.

Laga melawan Prancis itu merupakan penentuan bagi nasib Portugal di ajang UEFA Nations League A 2020-2021. Andai kalah, maka Seleccao das Quinas akan otomatis tersingkir dan tidak dapat mempertahankan gelar juara yang diraihnya pada 2019.

Sayangnya, kekalahan lah yang didapat Portugal saat menjamu Prancis di Stadion Da Luz, Lisbon, gara-gara gol tunggal N’Golo Kante (53’). Kekalahan itu memastikan langkah mereka terhenti di babak grup UEFA Nations League A.

Baca juga: Dikecam Gara-Gara Cadangkan Jota, Begini Respons Pelatih Portugal

Timnas Portugal tersingkir di tangan Prancis

Bagi sang pelatih, Fernando Santos, kekalahan itu terasa sangat menyesakkan. Dirinya dan anak asuh mungkin saja akan sulit tidur usai kekalahan. Namun, mereka akan tetap bersiap dengan baik pada laga berikutnya, yakni melawan Kroasia, Rabu 18 November 2020 dini hari WIB.

“Buruk, sungguh buruk. Ini sulit diterima, buat saya juga pemain. Tentu saja, sulit untuk menerima kekalahan. Kami mungkin tidak akan tidur nyenyak mala mini. Namun, tanpa tidur sekali pun, kami harus sudah fokus untuk laga berikutnya,” papar Fernando Santos, dilansir dari Goal, Minggu (15/11/2020).

“Kami masih punya tanggung jawab untuk bermain di pertandingan (melawan Kroasia) dan mewakili Portugal. Para penggemar terbiasa melihat tim ini bermain baik dan menang. Saya yakin ini adalah kekalahan keempat saya sebagai pelatih timnas. Karena itu, kepala kami harus tetap tegak,” imbuh pria berusia 66 tahun itu.

“Tentu saja, itu akan sulit. Namun, kami harus melangkah maju dan fokus pada pertandingan melawan Kroasia. Kami harus pergi ke sana dan bermain baik, seperti yang biasa dimainkan tim ini,” tukas Fernando Santos.

Tekad serupa diusung sang kapten, Cristiano Ronaldo. Dalam unggahan di akun Instagram, CR7 meyakini setiap pertandingan selalu ada hikmah yang bisa dipetik. Dengan pencapaian hebat selama beberapa tahun terakhir, Timnas Portugal tidak boleh pulang dengan kepala tertunduk.

“Semua pertandingan mengajari sesuatu. Sayangnya, kami tidak berhasil mencapai tujuan,” tulis Cristiano Ronaldo di akun Instagram @Cristiano.

“Kami harus tetap menegakkan kepala dan bangga dengan semua yang telah dicapai bersama!” imbuh pesepakbola berusia 35 tahun tersebut.

Pertandingan terakhir itu akan dijalani Portugal di Split, Kroasia. Mengingat status laga tersebut tidak lagi diturunkan, bukan tidak mungkin Fernando Santos akan melakukan sedikit eksperimen sekaligus mengistirahatkan bintang-bintangya agar tidak diprotes klub pemilik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini