Susah Payah Taklukkan Venezuela, Brasil Menang Tipis 1-0

Bagas Abdiel, Jurnalis · Sabtu 14 November 2020 09:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 14 51 2309433 susah-payah-taklukkan-venezuela-brasil-menang-tipis-1-0-sHpvgniiGN.jpg Brasil vs Venezuela (Foto: Reuters)

SAO PAULOTim Nasional (Timnas) Brasil sukses menaklukkan Venezuela pada matchday ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Amerika Selatan. Bermain di Estadio Cicero Pompeu de Toledo, Sabtu (14/11/2020) pagi WIB, Brasil memenangi laga dengan skor 1-0.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Brasil yang tampil di kandang sendiri memulai laga dengan baik. Permainan mendominasi langsung ditunjukkan Brasil demi mencari gol pembuka atas Venezuela.

Akan tetapi, lini serang yang dimotori Richarlison, Roberto Firmino dan Gabriel Jesus itu belum menemui peluang berarti. Hasilnya pada menit kedelapan, Brasil berhasil mengoyak jala Venezulea. Adalah Richarlison yang sukses menggentarkan gawang tim tamu.

Brasil vs Venezuela

Sayangnya kegembiraan Richarlison harus terhenti karena wasit menganulir gol tersebut. Pemain Everton tersebut dinyatakan offside ketika menerima umpan Lodi. Alhasil keadaan tidak berubah, Brasil dan Venezuela masih tetap 0-0.

Baca juga Skor Kacamata Hiasi Laga Brasil vs Venezuela di Babak Pertama

Memasuki pertengahan babak pertama, Brasil masih menunjukkan dominasinya. Salah satu peluang emas terjadi pada menit 33 dan lagi-lagi Richarlison nyaris membawa Brasil unggul. Sayangnya, tembakan yang dilesakkan Richarlison masih tipis di pinggir gawang.

Hingga laga babak pertama berakhir keadaan juga tidak mengalami perubahan. Akhirnya skor 0-0 pun menghiasi 45 menit pertama laga Brasil kontra Venezuela.

Babak Kedua

Memulai babak kedua, Brasil masih terlihat inisiatif dalam mengambil serangan. Lini serang yang masih dimotori Richarlison, Firmino, dan Jesus tetap ngotot untuk bisa mendapatkan gol pertama mereka.

Hingga menit 60, Brasil benar-benar membuat pertahanan Venezuela tampil dengan kerja keras. Namun, tak berselang lama dari itu, usaha keras dari skuad asuhan Tite akhirnya membuahkan hasil pada menit 67.

Brasil berhasil membuat keunggulan setelah Firmino menjebloskan bola ke gawang Venezuela. Berawal dari umpan silang Everton Ribeiro yang gagal ditangani dengan baik oleh bek Venezuela, Firmino mencuri bola untuk melakukan tembakan.

Tanpa berpikir lama, Firmino pun melancarkan tendangan yang tak mampu dicegah oleh kiper Venezuela, Wuilker Farinez. Pemain Liverpool itu sukses memberi keunggulan kepada Brasil dengan skor 1-0.

Unggul satu gol tak membuat Brasil berhenti. Status mereka sebagai tim papan atas memaksa mereka untuk mencari pundi-pundi gol. Akan tetapi, Firmino dan kawan-kawan begitu kesulitan untuk menembus jala Venezuela.

Akhirnya, ketika wasit meniup peluit panjang tanda laga berakhir, skor tak berubah. Brasil sukses mengamankan tiga poin pada laga kontra Venezuela dengan skor akhir 1-0.

SUSUNAN PEMAIN

BRASIL XI (4-3-3): Ederson; Danilo, Thiago Silva, Marquinhos, Renan Lodi; Douglas Luiz, Allan, Everton Ribeiro; Gabriel Jesus, Roberto Firmino, Richarlison.

VENEZUELA XI (4-2-3-1): Wuilker Farinez; Roberto Rosales, Yordan Osorio, Wilker Angel, Rolf Feltscher; Yeferson Soteldo, Tomas Rincon; Darwin Machis, Christian Casseres, Junior Moreno; Salomon Rondon.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini