Lionel Messi Muntah Sebelum Laga Argentina vs Paraguay

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Jum'at 13 November 2020 17:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 13 51 2309175 lionel-messi-muntah-sebelum-laga-argentina-vs-paraguay-FrI4YlkMUi.JPG Lionel Messi memegang hidung (Foto: Reuters/ Juan Ignacio Roncoroni)

BUENOS AIRES – Sorotan tertuju kepada Lionel Messi jelang matchday ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 antara Tim Nasional (Timnas) Argentina vs Paraguay, Jumat (13/11/2020) pagi WIB. Pasalnya, La Pulga terlihat muntah sebelum lagu kebangsaan kedua kesebelasan berkumandang di Stadion La Bombonera, Buenos Aires.

Sebagai kapten, Lionel Messi berjalan paling depan memimpin rekan-rekan setimnya. Tiba-tiba, pesepakbola berusia 33 tahun itu berhenti dan menunduk di pinggir lapangan. Tak lama kemudian, ia muntah dan berulang kali meludah.

Bangku cadangan Timnas Argentina jelas resah. Pelatih Lionel Scaloni sangat cemas melihat pemain kuncinya dalam keadaan kurang sehat, tepat sebelum laga dimulai. Beruntung, Lionel Messi mampu bermain penuh selama 90 menit.

Baca juga: Berakhir 1-1, Berizzo Puas Paraguay Imbangi Lionel Messi Dkk

Lionel Messi menunduk (Foto: Reuters/Marcelo Endelli)

Dilansir dari Telemundo Desportes, Jumat (13/11/2020), itu bukan pertama kalinya Lionel Messi muntah di atas lapangan hijau. Peristiwa itu pertama kali terjadi pada September 2012 pada duel antara Barcelona vs Sevilla di Stadion Camp Nou.

Butuh waktu enam tahun bagi Lionel Messi untuk mengakui aksinya muntah di lapangan. Menurut pengakuan pria kelahrian Rosario tersebut, saat itu dirinya tidak makan dengan baik karena harus mengikuti anjuran diet.

Pada 2013, Lionel Messi juga sempat muntah pada Kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Amerika Selatan kontra Bolivia di La Paz. Kala itu, ia diduga muntah-muntah karena tipisnya kadar oksiden di Kota La Paz sehingga menguras fisik. Namun, penyebab mengapa Lionel Messi muntah bukan karena itu.

Acara televisi Spanyol, La Goleada, pernah mengungkap kondisi yang dialami Lionel Messi itu disebut sebagai sinusitis kronik atau dalam bahasa medis chronic rhinosinusitis. Kondisi umum yang terjadi di rongga hidung itu sebetulnya tidak terlalu berbahaya.

Ketika penderita mengalami gejala tersebut, sinus akan meradang dan bengkak sehingga menyebabkan lendir. Nah, lendir itu lah yang dimuntahkan Lionel Messi dari mulutnya. Akibat muntah pada laga kontra Paraguay, sang megabintang merasa tidak nyaman dengan perut.

“Lionel Messi merasa tidak nyaman dengan perutnya pada laga kontra Paraguay. Tim dokter harus memberinya permen karet. Dia mengalami sinusitis kronis yang menyebabkan peradangan,” tulis akun Twitter @ManagingBarca.

Sialnya, Lionel Messi gagal berkontribusi maksimal pada laga kontra Paraguay tersebut. Ia memang sempat mencetak gol pada menit 58, tetapi dianulir wasit setelah terungkap ada pelanggaran dalam proses terjadinya gol.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini