Bukan Man United, Mauricio Pochettino Diminati Athletic Bilbao

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 11 November 2020 15:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 11 46 2307959 bukan-man-united-mauricio-pochettino-diminati-athletic-bilbao-fqlV7vWWKD.jpg Mauricio Pochettino diminati Athletic Bilbao (Foto: UEFA)

BILBAO – Nama Mauricio Pochettino belakangan ini terus dikaitkan dengan Manchester United. Pria berkebangsaan Argentina itu digadang-gadang sebagai suksesor Ole Gunnar Solskjaer yang tak kunjung berprestasi. Namun, muncul kabar nama Poch masuk dalam daftar kandidat Pelatih Athletic Bilbao.

Klub kebanggan masyarakat Basque itu memang sedang mempertimbangkan untuk memecat pelatih Gaizko Garitano. Pasalnya, pria asal Spanyol itu gagal membawa Los Leones ke papan atas. Dari delapan pertandingan awal di Liga Spanyol 2020-2021, klub hanya mampu mengemas sembilan angka.

Karena itu, Manajemen Athletic Bilbao tengah mempertimbangkan opsi untuk merekrut Mauricio Pochettino. Apalagi, pria berdarah Italia itu pernah mengungkapkan kekaguman kepada model klub sepakbola yang dijalani Athletic Bilbao.

Baca juga: Mantan Pemain Tottenham Dukung Pochettino Jadi Pelatih Man United

Athletic Bilbao terjun bebas musim ini

“Athletic adalah contoh teladan yang menarik, yang mampu menimbulkan rasa hormat dari segala hal yang mereka wakili. Jasa yang dilakukan Athletic sangat besar dengan komitmen yang kadang melampaui batas,” ujar Mauricio Pochettino, sebagaimana dikutip dari Marca, Rabu (11/11/2020).

“Saya sudah melihat-lihat Lezama (markas latihan Athletic Bilbao) dan memahami apa artinya stadion baru. Saya mendapat kesan dari jauh yang sulit untuk diungkapkan dengan kata-kata,” imbuh pria berusia 48 tahun itu.

Ketertarikan Athletic Bilbao terhadap Mauricio Pochettino bukan tanpa alasan. Mantan pemain yang berposisi sebagai bek itu sering disebut sebagai anak didik terbaik Marcelo Bielsa. Ya, El Loco pernah menangani Athletic pada era 2011-2013.

Semasa dipegang Marcelo Bielsa, Athletic Bilbao sukses melangkah ke Final Liga Eropa 2011-2012, meski hanya menjadi runner-up. Permainan yang energik dan atraktif yang diperagakan, tampaknya masih membekas dengan baik di ingatan manajemen.

Masuk akal apabila Mauricio Pochettino muncul sebagai kandidat. Selain punya kemiripan filosofi bermain, ia juga pandai memanfaatkan pemain dari akademi klub, seperti halnya di Southampton dan Tottenham Hotspur.

Athletic Bilbao sendiri punya tradisi menelurkan bakat-bakat hebat dari akademi klub. Belum lagi, mereka memegang teguh tradisi untuk hanya membeli atau memakai jasa pemain sepakbola yang memiliki darah atau keturunan dari wilayah Basque.

Sayangnya, gaji Mauricio Pochettino bisa membuat Athletic Bilbao mundur teratur. Ketika dilepas Tottenham Hotspur, gaji Poch sudah menyentuh angka 10 juta Euro (setara Rp166 miliar) per tahun. Nominal tersebut bakal sulit dipenuhi Athletic.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini