4 Penyebab Man United Kalah 1-2 dari Istanbul Basaksehir

Bagas Abdiel, Jurnalis · Kamis 05 November 2020 09:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 05 261 2304472 4-penyebab-man-united-kalah-1-2-dari-istanbul-basaksehir-NOt1WLJUdG.jpg Man United takluk dari Istanbul Basaksehir (Foto: Reuters)

ISTANBULManchester United kembali mengalami keterpurukan saat bertamu ke markas Istanbul Basaksehir pada matchday ketiga Grup H Liga Champions 2020-2021. Man United menyerah dengan skor 1-2 dalam pertandingan yang dimainkan di Basaksehir Faith Terim Stadyumu, Kamis (5/11/2020) dini hari WIB.

Kekalahan tersebut jelas menggagalkan kesempurnaan Man United di awal Liga Champions 2020-2021. Padahal di dua laga sebelumnya, mereka berhasil menorehkan kemenangan saat menghadapi Paris Saint-Germain (PSG) dan RB Leipzig.

Lalu, apa yang menjadi penyebab kekalahan Man United pada laga tersebut. Berikut empat poin pembicaraan utama dari pertandingan Man United melawan Istanbul Basaksehir.

4. Istanbul Basaksehir Mainkan Permainan Man United

Man United di bawah arahan Ole Gunnar Solskjaer memiliki permainan dengan membiarkan lawan menguasai bola. Setelah itu, Man United akan mengandalkan kualitas serangan balik untuk mencetak gol ke gawang lawan.

Namun, Istanbul Basaksehir sendiri juga melakukan taktik serupa. Hanya saja, mereka memiliki kualitas pertahanan mumpuni sehingga Man United kesulitan menembus gawang. Sementara, sebaliknya, Man United terlihat kesulitan.

Hasilnya, Man United pun langsung teringgal 0-2 dari Istanbul Basaksehir saat laga berjalan 40 menit. Sedangkan, Man United hanya mampu membalas dengan satu gol yang dicetak oleh Anthony Martial.

Istanbul Basaksehir

3. Man United Tak Asing dengan Wajah Pemain Istanbul Basaksehir

Meskipun Istanbul Basaksehir baru menjalani kampanye pertama di Liga Champions, tetapi mereka memiliki skuad yang tidak asing lagi untuk Man United. Pada garis terdepan ada nama Dembe Ba yang sebelumnya bermain di West Ham United, Newcastle United, dan Chelsea.

Jauh di belakang, ada dua kenalan lama untuk Man United. Ada mantan bek Liverpool, Martin Skrtel berbaris, sedangkan di bek kanan adalah bekas skuad Man United sendiri yakni Rafael. Pemain berpaspor Brasil ini juga semakin memperkuat pertahanan Istanbul Basaksehir.

Karena itu, pengalaman para pemain yang pernah memperkuat Liga Inggris memainkan peran penting dalam kemenangan mereka. Ketiga mantan pemain Liga Inggris itu tampil memukau dalam laga tersebut.

Dembe Ba

2. Solskjaer Masih Kesulitan Cari Formula Terbaik

Saat ini, Solskjaer tampaknya masih kesulitan untuk mencari formula terbaik dalam skuadnya. Itu terlihat dalam laga kontra Istanbul, di mana Solskjaer kembali melakukan perubahan baik untuk posisi pemain atau pun formasi.

Jika berkaca pada laga ini, Solskjaer melakukan enam pergantian dari timnya yang kalah dari Arsenal akhir pekan lalu. Ia memasukkan nama Dean Henderson, Donny van de Beek, Axel Tuanzebe, Nemanja Matic, Juan Mata dan Anthony Martial. Sedangkan untuk formasi, Solskjaer menggunakan 4-2-3-1.

Setelah babak pertama tampil buruk, Solskjaer melakukan perubahan dengan memasukkan Scott McTominay dan Paul Pogba.Mason Greenwood dan Timothy Fosu-Mensah juga ikut masuk ke lapangan. Akan tetapi, lagi-lagi perubahan tak berjalan efektif, dan Man United tetap menelan kekalahan.

Istanbul Basaksehir vs Man United

1. Buruknya Pertahanan Man United

Setelah menjalani awal musim yang buruk, sorotan kembali tertuju pada pertahanan Man United yang rapuh. Kekalahan Man United dari Istanbul Basaksehir tidak lepas dari buruknya performa barisan belakang yang dimotori Harry Maguire.

Gol pertama Istanbul Basaksehir dari Dembe Ba tidak lepas dari bobroknya pertahanan Man United. Mereka membuka lebar pertahanan seolah memberi jalan untuk Dembe Ba mencetak gol. Sayangnya, situasi tersebut terjadi berulang-ulang.

Setan Merah meninggalkan lubang menganga di lini belakang untuk dimanfaatkan oleh lawan mereka. Meski pada babak kedua, tampil lebih baik, tetapi tetap saja kekalahan ini tidak lepas dari buruknya pertahanan Man United di babak pertama.

Istanbul Basaksehir vs Man United

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini