Liga 1 2020 Diundur Sampai Awal 2021, Skuad Arema FC Diliburkan

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 30 Oktober 2020 16:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 30 49 2301673 liga-1-2020-diundur-sampai-awal-2021-skuad-arema-fc-diliburkan-S84e13nJuF.jpg Suasana pasca-latihan skuad Arema FC. (Foto: Twitter/@AremafcOfficial)

MALANG – Pelatih Arema FC, Carlos Olivieira, mengambil keputusan meliburkan skuadnya selama 11 hari. Keputusan itu diambil karena kompetisi Liga 1 2020 gagal dilanjutkan tahun ini. Menurut penuturan Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi, Liga 1 2020 kembali bergulir awal 2021.

"Rapat Exco PSSI menghasilkan keputusan bahwa PSSI menunda seluruh kompetisi yakni Liga 1,2,dan 3 pada tahun 2020 ini. Selanjutnya kompetisi akan dimulai lagi pada awal 2021 mendatang," kata Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi, mengutip dari laman resmi PSSI.

Carlos Olivieira

(Pelatih Arema FC, Carlos Oliveira)

"PSSI akan memberikan kewenangan kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi Liga 1 dan 2 untuk mencari formula, format, dan sistem kompetisi terhadap keputusan PSSI tersebut," lanjut Yunus Nusi.

Karena tidak ada kompetisi hingga akhir tahun inilah, Carlos Oliviera meliburkan Hendro Siswanto dan kawan-kawan. Hal itu berarti, sesi latihan yang digelar di Lapangan Balearjosari pada Jumat (30/10/2020) pagi merupakan yang terakhir digelar bulan ini.

“Saya berikan waktu libur kepada pemain sampai 10 November mendatang. Saya pikir pemain bisa sedikit relaks mulai besok. Saya belum tahu apakah setelah kurun waktu itu nantinya pemain akan dipanggil kembali untuk berlatih atau bagaimana,” kata Carlos Oliviera mengutip dari Wearemania, Jumat (30/10/2020).

Lantas, apa langkah yang diambil pelatih asal Brasil setelah tahu kompetisi takkan bergulir sampai awal tahun? Pelatih 59 tahun itu mengaku akan berdiskusi dengan manajemen Singo Edan –julukan Arema FC– dalam waktu dekat.

BACA JUGA: Pelatih Persib Prediksi Liga 1 2020 Dilanjutkan dengan Format Turnamen

“Saya harus bicara dengan manajer dulu, untuk nengetahui kepastian liga musim ini yang katanya digelar tahun depan. Jika tak ada hal lain maka saya akan menyusun ulang program latihan kami. Saat ini bagi saya semua itu belum pasti,” lanjut Carlos Oliveira.

Sementara itu, kapten Arema FC Hendro Siswanto kecewa ketika tahu kompetisi kembali ditunda. Pemain andalan Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2011 itu berharap kompetisi segera digulirkan.

Hendro Siswanto

(Hendro Siswanto (atas), kapten Arema FC)

“Sebagai pemain harapan saya liga bisa segera dimulai. Saya pikir semua pemain juga berharap demikian. Tapi sebagai pemain, kami cuma bisa berharap, tidak bisa ngapa-ngapain juga,” kata Hendro.

Jika Liga 1 2020 digulirkan awal tahun, kemungkinan besar format kompetisi akan berubah menjadi turnamen. Dengan diubah ke turnamen, Liga 1 2020 dapat diselesaikan secara singkat.

“Sepertinya kompetisi tidak akan digulirkan dengan format liga, tetapi turnamen. Jadi mari berharap yang terbaik. Karena kita selalu menunggu, menunggu dan masih menunggu,” kata pelatih Persib Robert Rene Alberts mengutip dari laman resmi Persib.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini