Daftar Pelatih yang Ingin Didatangkan Calon Presiden Barcelona

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 30 Oktober 2020 09:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 30 46 2301470 daftar-pelatih-yang-ingin-didatangkan-calon-presiden-barcelona-DjYthGMXXN.jpg Joan Laporta (kiri) saat berpose bersama Messi beberapa belas tahun yang lalu. (Foto: Laman resmi Barcelona)

BARCELONA – Josep Maria Bartomeu resmi mengundurkan diri dari jabatan presiden Barcelona pada Rabu 28 Oktober 2020 dini hari WIB. Bartomeu mundur dari posisi yang sejatinya yang masih dapat ia tempati hingga 21 Maret 2021.

Selanjutnya, paling lambat dalam tiga bulan ke depan akan dilaksanakan pemilihan umum presiden Barcelona. Saat ini tercatat ada lima kandidat yang siap maju meramaikan pemilihan umum tersebut.

Joan Laporta

(Joan Laporta calon presiden Barcelona selanjutnya)

Kelima nama yang dimaksud adalah Lluis Fernandez Ala, Agusti Benedito, Victor Font, Jordi Farre dan Joan Laporta. Nama-nama di atas sudah mengumbar janji politiknya jika terpilih sebagai presiden Barcelona.

Lluis Fernandez Ala berniat menjadikan pelatih Barcelona B, Garcia Pimienta, sebagai juru taktik Blaugrana selanjutnya. Ia menjadikan kesuksesan Bayern Munich sebagai tolok ukurnya. Pada musim 2019-2020, manajemen Bayern Munich menunjuk Hansi Flick sebagai pelatih, yang mana sebelumnya bertugas sebagai asisten Niko Kovac.

Hasilnya, Die Roten –julukan Bayern Munich– memenangkan treble winner musim lalu. "Kami menjadikan Bayern sebagai contoh. Tidak ada yang tahu tentang Flick dan ia adalah pelatih hebat. Kami pikir Pimienta bisa menjadi Guardiola yang baru," kata Fernandez beberapa waktu allu.

Untuk Agusti Benedito, mantan tangan kanan Laporta ini memang belum menyebut secara pasti siapa juru taktik Barcelona selanjutnya. Namun, ketika mengikuti pemilihan umum presiden Barcelona medio 2015, ia bersiap memulangkan kembali Guardiola.

Bagaimana dengan Jordi Farre? Ia terang-terangan ingin membawa Jurgen Klopp ke Estadio Camp Nou. Dalam pandangan Jordi Farre, Klopp merupakan sosok tepat menjadi pelatih Barcelona selanjutnya.

BACA JUGA: Lionel Messi di Antara 2 Pilihan, Kembalikan Kejayaan atau Kemakan Janji Politik

“Jika Koeman (pelatih Barcelona) bekerja dengan baik, saya akan melanjutkan masa kerjanya. Namun, kami sudah berbicara dengan Klopp. Sebab, menurut saya Barcelona membutuhkan pelatih seperti itu,” kata Jordi Farre mengutip dari Sport.

Bagaimana janji politik Joan Laporta dan Victor Font? Keduanya kompak ingin membawa pulang Xavi Hernandez dan Josep Guardiola. Karena itu, jika salah satu dari keduanya terpilih sebagai presiden Barcelona, kemungkinan besar jabatan pelatih jatuh ke tangan Xavi, sedangkan Guardiola duduk di kursi manajemen.

Josep Guardiola

(Josep Guardiola bisa kembali ke Barcelona)

“Sebagian besar profesional terbaik yang paham betul DNA Barcelona merupakan suporter dan mencintai klub ini seperti Pep Guardiola, Xavi, Andres Iniesta dan Carles Puyol,” kata Font mengutip dari The Sun, Jumat (30/10/2020).

“Mereka semua adalah legenda yang mencintai Barcelona, tapi tidak bekerja untuk Barcelona hari ini. Kami perlu membawa mereka kembali untuk menjalankan proyek yang siap kami bangun,” lanjut Font.

“Saya sangat ingin Guardiola kembali, tapi sekarang ia sedang menangani Manchester City. Itu merupakan keputusan yang harus diambil. Pada momen yang tepat, saya akan berbicara dengan orang yang kami pikir mesti menjadi pelatih Barcelona pada 2021,” kata Laporta mengutip dari Daily Star.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini