Bartomeu Mundur, Pertanda Lionel Messi Pensiun di Barcelona

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 28 Oktober 2020 07:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 28 46 2300652 bartomeu-mundur-pertanda-lionel-messi-pensiun-di-barcelona-3ymiFqN4Ls.jpg Messi siap pensiun di Barcelona. (Foto: Laman resmi Barcelona)

BARCELONA – Josep Maria Bartomeu resmi mengundurkan diri dari jabatan presiden Barcelona pada Rabu (28/10/2020) dini hari WIB. Hal itu berarti Bartomeu undur diri ketika masih memiliki waktu menjabat sebagai presiden Barcelona hingga Maret 2021.

"Saya sudah memberitahukan soal pengunduran diri saya sebagai presiden klub, beserta seluruh jajaran petinggi klub," kata Bartomeu mengutip dari Football Espana, Rabu (28/10/2020).

Josep Maria Bartomeu

(Bartomeu mundur dari presiden Barcelona)

Bahkan tak hanya Bartomeu yang mengundurkan diri, seluruh direksi Blaugrana –julukan Barcelona– juga mundur dari posisinya. Lantas, apa penyebab Bartomeu mengundurkan diri dari jabatan presiden Barcelona?

Diindikasi, itu karena adanya 16 ribu petisi socios (anggota klub) yang meminta Bartomeu mengundurkan diri. Socios menganggap pria 56 tahun itu tidak becus mengelola klub.

Salah satu bukti ketidakbecusan Bartomeu mengelola klub adalah, semenjak musim panas 2015, tidak ada satu pemain rekrutan Blaugrana yang menjadi personel andalan Barcelona.

BACA JUGA: Bartomeu Resmi Putuskan Mundur sebagai Presiden Barcelona

Sejumlah pemain didatangkan dengan harga ratusan juta euro seperti Philippe Coutinho, Antoine Griezmann dan Ousmane Dembele. Namun, pemain-pemain ini belum mampu menunjukkan kepantasan mereka dihargai mahal.

Selain itu, Bartomeu juga diduga menyewa buzzer untuk menyerang sejumlah pemain senior Barcelona. Hal itulah yang membuat Lionel Messi dan kawan-kawan kesal kepada Bartomeu.

Lionel Messi

Saat ini roda ekonomi Barcelona akan dijalankan manajemen baru. Mereka diminta hingga 90 hari ke depan untuk menggelar pemilihan umun presiden Barcelona. Dari sejumlah kandidat presiden Barcelona, dua di antaranya adalah Joan Laporta dan Victor Font.

Satu hal yang pasti, mundurnya Bartomeu membuat Lionel Messi besar kemungkinan bertahan di Barcelona. Saat ini, kontrak Lionel Messi bersama Barcelona tersisa hingga 30 Juni 2021. Bahkan kemarin, Bartomeu sudah memberi indikasi Messi akan pensiun di Barcelona.

“Untuk Barcelona, untuk klub, untuk tim, membujuk Messi untuk pensiun di sini merupakan pilihan terbaik bagi semua orang,” kata Bartomeu mengutip dari Goal.

Meski begitu, perpanjang kontrak atau tidaknya Messi diprediksi baru dilakukan setelah pemilihan umum presiden Barcelona dilakukan. Peluang Messi pensiun di Barcelona semakin besar jika Joan Laporta yang terpilih. Laporta merupakan presiden Barcelona dari 2003 hingga 2009.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini