Pelatih Persib Bandung Yakin Liga 1 2020 Bergulir Januari 2021

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Senin 26 Oktober 2020 16:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 26 49 2299792 pelatih-persib-bandung-yakin-liga-1-2020-bergulir-januari-2021-MIfj2hfwbU.jpg Robert Alberts. (Foto/Persib Bandung)

BANDUNG - Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts meyakini Liga 1 2020 akan kembali dilanjutkan. Pelatih asal Belanda itu yakin kompetisi akan bergulir pada Januari 2021.

Liga 1 sebelumnya sudah melakoni tiga pertandingan, namun dihentikan pada pertengahan Maret 2020 silam karena awal pandemi virus corona. Liga rencananya dilanjutkan pada 1 Oktober 2020 lalu, akan tetapi tidak dapat dilakukan.

Foto/Persib Bandung

Kelanjutan Liga 1 2020 ditunda karena Kepolisian tidak memberikan izin keramaian di semua tingkatan karena kasus covid-19 masih tinggi. Federasi Sepakbola Indonesia (PSSI) menyatakan akan melanjutkan kompetisi pada November mendatang.

Baca juga: Komentar Pelatih Persib Bandung soal Bursa Transfer Pemain Liga 1 2020

Jika tidak mendapat izin pada November, PSSI akan melanjutkan Liga 1 pada Desember dengan merubah jadwal pertandingan. Seandainya tidak juga mendapat izin dari Polri, PSSI melaksanakan liga pada Januari 2021 dengan sistem dua wilayah.

Meski belum mendapat kabar resmi dari operator soal kelanjutan Liga 1 2020, Robert meyakini liga akan tetap berlangsung pada Januari tahun depan. Dia pun tidak menjadi masalah dengan jadwal yang ketat karena durasi liga akan semakin singkat.

"Tentunya kami masih menunggu berita resmi. Tapi ada indikasi yang kami dapatkan dari manajemen bahwa liga akan berlanjut pada Januari," ujarnya mengutip laman Persib, Senin 26 Oktober 2020 siang.

"Kita tahu waktunya akan sangat singkat tapi ada rencana alternatif liga akan berubah format menjadi turnamen," tambahnya.

Robert sendiri berpendapat bahwa adanya kompetisi sepakbola merupakan salah satu faktor penting sebelum digelarnya Piala Dunia U-20 di Indonesia. Saat ini Timnas Indonesia U-19, yang dipersiapkan untuk Piala Dunia sedang melakukan pemusatan latihan di Kroasia dan akan kembali pada akhir Oktober atau November mendatang.

Foto/Persib Bandung

"Tapi setidaknya harus ada kompetisi karena dunia sudah mulai bermain sepakbola dah kita juga harus melakukannya. Apalagi Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 di tahun depan," saran Robert.

Seperti Robert, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong juga berharap Liga 1 2020 bisa dilanjutkan. Dia menilai kemampuan skuad Garuda Muda bisa terus terasah dengan adanya kompetisi dan tidak bisa terus mengandalkan pemusatan latihan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini