Trio Cristiano Ronaldo, Dybala dan Morata Takkan Tersaji di Juventus?

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 26 Oktober 2020 10:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 26 47 2299501 trio-cristiano-ronaldo-dybala-dan-morata-takkan-tersaji-di-juventus-9KKZhaFVDr.jpg Cristiano Ronaldo sulit dimainkan berbarengan dengan Dybala dan Morata. (Foto: Twitter/@juventusfc)

TURIN – Pelatih Juventus, Andrea Pirlo, menyebut Cristiano Ronaldo bisa main berbarengan dengan Paulo Dybala atau Alvaro Morata di lini depan Juventus. Hanya saja, kecil kemungkinan bagi Pirlo menurunkan trio Cristiano Ronaldo, Dybala dan Morata secara berbarengan karena alasan strategi.

Saat ini pola utama yang diandalkan Pirlo di Juventus adalah 3-5-2. Dalam pola ini, Pirlo mengandalkan dua penyerang. Sebelum Cristiano Ronaldo terserang Covid-19, posisi ujung tombak kembar ditempati penyerang asal Portugal itu dan Morata.

Cristiano Ronaldo

(Cristiano Ronaldo sedang menjalani isolasi mandiri)

Namun, semenjak Cristiano Ronaldo terkena Covid-19, posisi penyerang diisi duet Paulo Dybala dan Morata. Duet ini sudah dicoba dini hari tadi saat Juventus menjamu Hellas Verona di pekan kelima Liga Italia 2020-2021.

Hanya saja, hasilnya tidak positif. Sebab, Juventus hanya bisa bermain 1-1 kontra Verona. Bahkan, Juventus sempat tertinggal 0-1 dari rival satu kota Chievo Verona tersebut.

“Cristiano (Ronaldo) bisa bermain dengan Morata atau Dybala, tergantung karakteristik. Secara posisi, Cristiano Ronaldo biasa bergerak di sisi kiri untuk kemudian melakukan tusukan. Dybala atau Kulusevski juga memiliki tipe permainan seperti itu,” kata Pirlo mengutip dari Football Italia, Senin (26/10/2020).

BACA JUGA: Gara-Gara Pirlo, Dominasi Juventus di Liga Italia Berakhir?

Jika Pirlo masih mengandalkan pola 3-5-2, sulit memainkan tiga pemain di atas bersamaan. Sebab, secara posisi bermain ketiganya akan saling tumpang tindih jika dimainkan. Dalam pola 3-5-2, Dybala hanya dapat diperankan sebagai penyerang.

Hal yang sama juga dialami Morata dan Cristiano Ronaldo, yang mana cuma bisa berperan sebagai penyerang. Ketiganya dapat bermain berbarengan jika Pirlo mengubah pola andalannya dari 3-5-2 menjadi 4-2-3-1.

Alvaro Morata

(Morata hanya dapat dimainkan sebagai penyerang)

Dalam pola ini, Dybala dapat berperan sebagai second striker. Kemudian, Cristiano Ronaldo bertugas sebagai winger kiri dan Alvaro Morata beroperasi di posisi ujung tombak.

Karena itu, menarik menanti pilihan formasi yang digunakan Pirlo nantinya. Satu hal yang pasti, perbaikan mesti dilakukan Pirlo.

Sebab, perlahan-lahan Juventus mulai tertinggal dari perburuan gelar juara, yang mana mereka kini baru mengoleksi sembilan angka dari lima pertandingan. Jika AC Milan menang atas AS Roma dini hari nanti, Rossoneri –julukan Milan– akan unggul enam angka dari Juventus.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini