Menang atas Ajax, Liverpool Beruntung Fabinho Tampil Apik

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 22 Oktober 2020 09:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 22 261 2297620 menang-atas-ajax-liverpool-beruntung-fabinho-tampil-apik-uT9eTpmAkD.jpg Fabinho sigap mengamankan lini belakang Liverpool (Foto: UEFA)

AMSTERDAM – Penampilan gemilang ditunjukkan Fabinho kala membantu Liverpool menang tipis 1-0 atas Ajax Amsterdam pada matchday pertama Grup D Liga Champions 2020-2021, Kamis (22/10/2020) dini hari WIB. Sapuan pemain asal Brasil itu tepat di garis gawang membuat James Milner merasa bersyukur.

Sebagaimana diketahui, Liverpool harus bertandang ke Stadion Johan Cruyff Arena tanpa bek tengah andalannya, Virgil van Dijk. Pemain asal Belanda itu baru selesai menjalani operasi bedah untuk memperbaiki ligamen lutut kanannya yang rusak.

Absennya Virgil van Dijk memaksa Jurgen Klopp putar otak demi mengatasi tipisnya stok bek tengah. Liverpool praktis hanya memiliki Joe Gomez dan Joel Matip saja yang siap turun. Beruntung, mereka memiliki seorang Fabinho Tavares yang aslinya adalah gelandang bertahan.

Baca juga: 5 Penyebab Liverpool Menang atas Ajax di Liga Champions 2020-2021

Sapuan bola Fabinho di garis gawang (Foto: Twitter/@LFC)

Pemain berusia 26 tahun itu diplot oleh Jurgen Klopp sebagai bek tengah di laga kontra Ajax Amsterdam. Penampilannya tidak mengecewakan sebagai bek darurat. Satu penyelamatan penting dilakukan Fabinho kala menyapu bola cungkilan Dusan Tadic tepat sebelum babak pertama berakhir.

Apa yang ditampilkan Fabinho itu membuahkan pujian dari James Milner. Menurutnya, Fabinho berhasil beradaptasi dengan baik sebagai bek tengah. Soal penyelamatan di garis gawang, James Milner menyebutnya sulit dipercaya.

“Dia adalah pemain top. Pemain top mampu beradaptasi dan dia sukses melakukannya. Dia pernah bermain di posisi itu dan bekerja dengan baik. Sebuah sapuan yang luar biasa!” tutur James Milner, disitat dari situs resmi klub, Kamis (22/10/2020).

Solidnya penampilan Fabinho jelas membuat Jurgen Klopp senang. Namun, masih ada sedikit evaluasi dari pria asal Jerman itu. Ia menginginkan mantan pemain AS Monaco tersebut membangun kerja sama yang apik dengan Joe Gomez di lini pertahanan.

“Mereka harus saling membiasakan diri dan terbiasa dengan komunikasi verbal di posisi itu. Penampilan Fabinho cukup bagus, tetapi masih bisa ditingkatkan lagi,” ucap Jurgen Klopp.

“Sangat penting menjaga gawang dari kebobolan. Sangat bodoh jika berpikir kami tidak membutuhkan sedikit keberuntungan karena Fabinh harus bermanuver demi menendang bola ke luar garis, lalu membentur tiang,” tutup pria asal Jerman tersebut.

Selama Virgil van Dijk absen, satu posisi di lini belakang Liverpool tampaknya akan menjadi milik Fabinho. Hal tersebut akan bertahan setidaknya hingga Januari 2021, ketika bursa transfer musim dingin dibuka.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini