5 Penyebab Liverpool Menang atas Ajax di Liga Champions 2020-2021

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 22 Oktober 2020 09:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 22 261 2297608 5-penyebab-liverpool-menang-atas-ajax-di-liga-champions-2020-2021-tkufPjFwqN.jpg Fabinho selamatkan Liverpool dari hasil imbang. (Foto: Twitter/@LFC)

LIVERPOOL meraih hasil positif di matchday pertama Grup D Liga Champions 2020-2021, Kamis (22/10/2020) dini hari WIB. Bertandang ke markas Ajax Amsterdam, Liverpool menang 1-0.

Gol tunggal Liverpool diciptakan fullback kiri Ajax, Nicolas Tagliafico, yang membuat gol bunuh diri pada menit 35. Saat itu, fullback berpaspor Argentina itu salah mengantisipasi tembakan kaki kanan winger Liverpool, Sadio Mane. Lantas, apa penyebab Liverpool mampu mengalahkan Ajax Amsterdam?

Berikut 5 penyebab Liverpool menang atas Ajax di Liga Champions 2020-2021:

5. Adrian San Miguel

Adrian

(Adrian buat empat penyelamatan di laga Ajax vs Liverpool)

Dalam laga ini Adrian menunjukkan dirinya layak dipercaya pelatih Jurgen Klopp menggantikan posisi kiper utama Liverpool, Alisson Becker, yang mengalami cedera. Sepanjang pertandingan, kiper berpaspor Spanyol ini membuat empat penyelamatan.

Menurut laman whoscored, Adrian merupakan pemain ketiga terbaik di laga Ajax vs Liverpool. Nilai 7,6 yang didapat hanya kalah dari Joe Gomez (7,9) dan Fabinho (8,7).

4. Kedalaman Skuad

Performa brilian yang ditunjukkan Adrian menunjukkan kedalaman skuad yang dimiliki Liverpool. Sebab, jelang laga kontra Ajax, Liverpool tak dapat memainkan sejumlah personel utama mereka seperti Alisson, Virgil van Dijk dan Thiago Alcantara karena cedera.

BACA JUGA: Tendangan Heboh Adrian saat Fabinho Selamatkan Liverpool dari Kebobolan

Bahkan kapten Liverpool, Jordan Henderson, juga baru memulai laga di babak kedua. Namun, pengganti nama-nama di atas seperti Adrian, Fabinho, James Milner dan Curtis Jones menunjukkan kehebatan mereka.

3. Fabinho

Fabinho

Fabinho lagi-lagi menunjukkan kelasnya kala dipercaya sebagai bek tengah. Tercatat sepanjang pertandingan, bek berpaspor Brasil itu membuat empat tekel sukses dan memenangkan tiga duel udara.

Tentu yang paling krusial tercipta di babak kedua. Saat itu. Fabinho menggagalkan peluang emas winger kiri Ajax, Dusan Tadic. Tadic yang tidak terkawal melepaskan tembakan chip yang melewati kepala kiper Liverpool, Adrian. Namun, dengan sigap Fabinho menghalau bola sehingga si kulit bulat gagal masuk ke gawang Liverpool. Alhasil, Fabinho pun dinobatkan sebagai pemain terbaik pertandingan.

2. 5 Pergantian Pemain Bantu Liverpool

Sadio Mane

(Sadio Mane (paling kiri) diganti di menit 60)

Jadwal padat dihadapi sejumlah klub yang tampil di kompetisi antarklub Eropa. Sebab, imbas tampil di ajang ini, mereka melakoni pertandingan setiap tiga hari sekali. Karena itu, para pelatih wajib melakukan rotasi agar stamina pemain mereka tetap terjaga.

Namun, rotasi pemain tidak dipilih Klopp. Ia memilih menurunkan personel utama di awal pertandingan, dan menggantinya di babak kedua. Terbukti jatah lima pemain dimanfaatkan Klopp dengan memasukkan Jordan Henderson, Takumi Minamino, Xherdan Shaqiri, Diogo Jota dan Rhys Williams. Imbasnya positif, intensitas permainan Liverpool terjaga sepanjang pertandingan.

1. Motivasi untuk Bangkit

Liverpool

Kemenangan atas Ajax wajib disabet Liverpool. Sebab, dalam dua laga sebelumnya, The Reds –julukan Liverpool– takluk 2-7 dari Aston Villa dan hanya bermain 2-2 kontra Everton.

Bisa dibilang hanya kemenangan yang dapat meningkatkan motivasi Mohamed Salah dan kawan-kawan untuk mengarungi sisa musm ini. Beruntung, Liverpool menang 1-0 atas Ajax.

Kemenangan ini merupakan modal Liverpool jelang menjamu Sheffield United di lanjutan pekan keenam Liga Inggris 2020-2021, Minggu 25 Oktober 2020 pukul 02.00 WIB. Kemenangan atas The Blades –julukan Sheffield United– juga penting untuk menghidupkan kans juara mereka di Liga Inggris.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini