Pulih dari Covid-19, Bruno Klaim Kondisinya Belum 100%

Avirista Midaada, Jurnalis · Selasa 20 Oktober 2020 06:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 20 49 2296334 pulih-dari-covid-19-bruno-klaim-kondisinya-belum-100-ixiIYoGVps.jpg Bruno Smith (Foto: Okezone/Avirista Midaada)

MALANG - Pemain asing Arema FC, Bruno Smith, memastikan bahwa ia telah pulih dari virus Corona (Covid-19) yang menyerangnya beberapa waktu lalu. Bruno dinyatakan sembuh setelah menjalani isolasi mandiri selama hampi 14 hari.

"Tak ada masalah apa pun dengan kondisi saya. Semua baik-baik saja. Tak ada masalah bagi saya. Masalah ini terjadi di seluruh belahan dunia. Ini adalah hal yang cukup berbahaya bagi orang-orang di sekitar saya," ucap Bruno.

Namun demikian, pemain asal Brazil ini mengaku belum sepenuhnya pulih 100%. Bahkan di latihan Arema FC, Senin 19 Oktober 2020 sore WIB, Bruno masih tampak berlatih terpisah dari rekan-rekannya. Ia terus digembleng oleh staf kepelatihan fisik Singo Edan -julukan Arema FC.

Bruno Smith

"Saat ini, kondisi saya belum seratus persen. Saya tidak bisa mengikuti sesi latihan selama sekitar sepuluh hari," ujar Bruno saat mengikuti latihan Arema FC.

Meski belum fit 100%, pemain berusia 28 tahun ini mengaku senang kembali bisa berlatih bersama rekan-rekannya. Oleh karena itu dirinya terus berusaha untuk meningkatkan kondisi fisiknya.

Baca Juga: Dua Legiun Asing Arema FC Terus Digeber Latihan Fisik 

"Saya harus kembali berlatih agar kondisi bisa meningkat lagi. Ini adalah hal yang jamak terjadi di sepak bola. Saya akan berlatih agar kondisi bisa kembali seratus persen," tuturnya.

Terpisah dokter tim Arema FC dr. Nanang Tri Wahyudi menyatakan Bruno telah terbebas dari virus Corona. Hal ini mengacu pada standar protokol dari WHO dimana setiap orang tanpa gejala yang terkonfirmasi positif virus Corona harus melakukan isolasi mandiri selama 14 hari.

"Sejak awal Bruno sehat, sesuai protokol hanya perlu isolasi mandiri. Saat ini lebih dari 15 hari, jadi dinyatakan aman," benernya.

Menurut Nanang, kasus terkonfirmasi positif Covid-19 pada atlet memang cepat sembuhnya dibanding dengan masyarakat kebanyakan. Mengingat atlet sebenarnya memiliki kondisi fisik yang prima dan pola hidup sehat yang tertata.

Baca Juga: Arema FC Berharap Polri Izinkan Liga 1 2020 Kembali Digelar

"Khusus atlet sembuhnya cepat sekali, tidak mencegah untuk tidak tertular, tapi kalau tertular pun cepat bisa sembuh. Tingkat kesembuhan pada atlet sangat tinggi," tutupnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pemain asing anyar Arema FC Bruno Smith terkonfirmasi positif Covid-19 yang hasilnya keluar pada Selasa 6 Oktober 2020. Diduga Bruno tertular Covid-19 sebelum bergabung di Arema FC. Alhasil pemain berusia 28 tahun ini menjalani isolasi mandiri di rumahnya dengan pengawasan tim medis mengingat Bruno berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini