5 Pesepakbola Amerika Selatan yang Sukses di Manchester United

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Senin 19 Oktober 2020 12:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 19 51 2295891 5-pesepakbola-amerika-selatan-yang-sukses-di-manchester-united-jJ5KC0uzBU.jpg Antonio Valencia. (Foto/Man United)

Manchester United jarang menjadi salah satu tujuan favorit pemain asal Amerika Selatan. Sejak dimulainya Liga Inggris era Premier League pada 1992, hanya tujuh belas pemain dari Amerika Latin yang pernah bermain untuk Setan Merah. Pada 2001, Man United memiliki pemain asal Amerika Selatan pertama, yakni Juan Sebastian Veron yang datang dari Lazio.

Man United pada bursa transfer musim panas 2020 mendatangkan Edinson Cavani dan Facundo Pellistri. Kedua pemain itu berasal dari Uruguay.

Sebelum keduanya, berikut lima pesepakbola asal Amerika Selatan yang sukses di Man United menyadur Sportskeeda:

5. Anderson

Pemain asal Brasil itu bermain bagus ketika membela Gremio dan Porto. Dengan penampilannya yang apik Anderson menarik perhatian tim-tim terbesar Eropa.

Foto/Man United

Anderson bergabung dengan Manchester United dari FC Porto pada 2007. Ia menjalani musim debut yang mengesankan dan merupakan salah satu pemain yang mencetak gol untuk Manchester United saat drama adu penalti melawan atas Chelsea di final Liga Champions 2008.

Baca juga: 5 Pesepakbola Ternama yang Pernah Bela Inter dan AC Milan

Anderson melanjutkan performa impresifnya di musim kedua saat ia menjadi orang Brasil pertama yang memenangkan penghargaan Golden Boy pada 2008.

4. Gabriel Heinze

Bek kri asal Amerika Selatan pertama yang bergabung dengan Manchester United. Gabriel Heinze bergabung dengan Setan Merah pada 2004 setelah tampil impresif bersama Paris Saint Germain.

Foto/Man United

Pemain asal Argentina itu didatangkan untuk menggantikan Phil Neville yang pindah ke Everton. Heinze tidak butuh waktu lama, dia langsung menjadi andalan Sir Alex Ferguson.

Heinze memenangkan penghargaan Manchester United Player of the Season, orang non-Eropa pertama yang meraih penghargaan tersebut. Pemain Argentina sempat absen hampir sepanjang musim setelah mengalami cedera ligamen.

3. Rafael da Silva

Jika Heinze yang pertama, Rafael adalah yang terbaik. Pemain Brasil itu bergabung dengan Manchester United pada 2008, bersama saudaranya Fabio, dari Fluminense.

Foto/Man United

Rafael menggantikan legenda klub, Gary Neville. Seperti pendahulunya, dia juga bermain agresif seperti Neville.

Rafael adalah bek kanan pilihan pertama Manchester United menjelang akhir masa jabatan Sir Alex Ferguson. Gaya bermainnya tak kenal takut dan energik membuatnya menjadi favorit penggemar di Manchester.

Di bawah Sir Alex, bek sayap ini memenangkan tiga gelar Liga Inggris, Piala Dunia Antarklub FIFA, Piala Liga, dan Community Sheild.

2. Carlos Tevez

Tevez, bersama dengan Rooney dan Ronaldo, membentuk salah satu dari trio penyerang terbaik dalam sejarah Liga Inggris. Ketiganya mencetak lebih dari 70% gol Man United sejak kedatangannya pada 2007. Tevez memenangkan Liga Inggris dan Liga Champions di musim debutnya.

Foto/Premier League

Musim serupa diikuti oleh pemain Argentina itu saat Manchester United mempertahankan Liga Inggris dan menambahkan Piala Liga dan Piala Dunia Antarklub FIFA.

Namun, pemain Argentina akhir musim 2008-2009, Tevez menolak dipermanenkan dengan Man United. Dia memilih bergabung ke rival sekotanya, Manchester City.

1. Antonio Valencia

Antonio Valencia, pada saat kedatangannya, memiliki tugas yang sulit untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan Cristiano Ronaldo. Pemain asal Ekuador itu bergabung dengan Manchester United pada 2009 setelah menjalani dua musim yang impresif bersama Wigan Athletic.

Valencia memiliki musim debut yang luar biasa, memenangkan Piala Liga Inggris dan membuat satu-satunya penampilan di PFA Team of the Year. Dia adalah salah satu pemain terbaik Sir Alex Ferguson menjelang akhir masanya.

Foto/Man United

Di bawah Ferguson, Valencia menjadi orang Ekuador pertama yang memenangkan gelar Liga Inggris.

Menyusul kepergian Ferguson, Valencia beralih permanen ke bek kanan. Dia menjadi pemain non-Eropa pertama yang menjadi kapten Manchester United setelah Michael Carrick pensiun pada 2016.

Valencia menghabiskan sepuluh musim di Old Trafford. Dia memenangkan dua gelar Liga Inggris, dua Piala Liga, Piala FA, dan Liga Eropa. Dia meninggalkan klub pada 2019 setelah membuat 339 penampilan dan mencetak 25 gol.

Dia adalah pemain pernah bermain di Manchester United saat dilatih Sir Alex, Moyes, Van Gaal, Mourinho dan Solskjaer.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini