Cederanya Van Dijk Ancam Peluang Juara Liverpool

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin 19 Oktober 2020 04:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 19 45 2295695 cederanya-van-dijk-ancam-peluang-juara-liverpool-kGHrMz7e1h.jpg Virgil van Dijk berperan penting (Foto: Premier League)

LIVERPOOL – Pukulan telak dirasakan Liverpool usai Virgil van Dijk dihantam cedera ligamen lutut kanan. Eks bek klub, Stephen Warnock, menilai absennya pemain belakang asal Belanda itu berpotensi menghambat ambisi Si Merah mempertahankan gelar juara Liga Inggris.

Sebagaimana diketahui, cedera tersebut didapat Virgil van Dijk pada laga kontra Everton, Sabtu 17 Oktober 2020 malam WIB. Ligamen lutut bek berusia 29 tahun itu rusak usai dihajar oleh Jordan Pickford pada menit lima. Anehnya, kiper berpaspor Inggris itu tidak dihukum kartu merah oleh wasit Michael Oliver.

Manajer Jurgen Klopp lantas mengganti Virgil van Dijk pada menit 11 dengan Joe Gomez. Menurut diagnosa awal, eks andalan Southampton itu mengalami cedera anterior cruciate ligament (ACL). Liverpool lantas membenarkan terjadinya kerusakan ligamen pada lutut van Dijk dan perlu operasi.

Baca juga: Liverpool Pastikan Van Dijk Jalani Operasi Ligamen Lutut

Virgil van Dijk akan menepi lama (Foto: Premier League)

Lewat pernyataan resminya, Liverpool tidak memberi tahu berapa lama Virgil van Dijk akan menepi. Namun, bagi Stephen Warnock, kehilangan pemain sepenting van Dijk pasti sangat mengganggu perjalanan Liverpool musim ini.

“Kita tidak tahu efeknya sampai akhir musim. Namun, tentu saja cedera itu akan mengganggu ambisi mereka mempertahankan gelar juara,” ujar Stephen Warnock, dinukil dari BBC, Senin (19/10/2020).

“Ketika Anda berada di ruang ganti dan tidak melihat adanya Van Dijk, ini adalah kehilangan besar. Tanpa mengurangi rasa hormat, dia adalah bek nomor satu di klub saat ini,” imbuh pria berkebangsaan Inggris tersebut.

Selain Van Dijk, Liverpool sebelumnya sudah kehilangan kiper Alisson Becker akibat cedera. Hilangnya dua personel kunci bakal melemahkan pertahanan Liverpool dalam beberapa waktu ke depan.

Parahnya lagi, Liverpool tidak punya pelapis mumpuni untuk kedua pemain itu. Di posisi penjaga gawang, Adrian San Miguel terlihat canggung dan berulang kali melakukan kesalahan yang berujung gol-gol mudah bagi lawan.

Dengan hilangnya Van Dijk, Liverpool terpaksa harus mengandalkan duet Joe Gomez dan Joel Matip. Jurgen Klopp akan sedikit menyesalkan keputusan menjual Dejan Lovren pada musim panas 2020. Stok yang menipis membuat kepala manajer asal Jerman itu kian pusing mengarungi musim 2020-2021.

Satu yang perlu menjadi perhatian, Joe Gomez dan Joel Matip belum pernah bermain bersama sejak menit awal. Terakhir kali keduanya merumput bersama, Liverpool tumbang dengan skor telak 1-4 dari Tottenham Hotspur pada Oktober 2017.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini