Liverpool Pastikan Van Dijk Jalani Operasi Ligamen Lutut

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin 19 Oktober 2020 03:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 19 45 2295691 liverpool-pastikan-van-dijk-jalani-operasi-ligamen-lutut-XJFINbYazq.jpg Virgil van Dijk jalani operasi bedah (Foto: Premier League)

LIVERPOOL – Kabar buruk bagi pendukung Liverpool. Pemain belakang andalan tim kesayangan mereka, Virgil van Dijk, harus menepi untuk waktu lama. Pesepakbola berkebangsaan Belanda itu akan menjalani operasi bedah untuk memperbaiki ligamen di lutut kanannya yang rusak.

Sebagaimana diketahui, cedera tersebut didapat Virgil van Dijk pada laga kontra Everton, Sabtu 17 Oktober 2020 malam WIB. Ligamen lutut bek berusia 29 tahun itu rusak usai dihajar oleh Jordan Pickford pada menit lima. Anehnya, kiper berpaspor Inggris itu tidak dihukum kartu merah oleh wasit Michael Oliver.

Manajer Jurgen Klopp lantas mengganti Virgil van Dijk pada menit 11 dengan Joe Gomez. Menurut diagnosa awal, eks andalan Southampton itu mengalami cedera anterior cruciate ligament (ACL). Liverpool lantas membenarkan terjadinya kerusakan ligamen pada lutut van Dijk dan perlu operasi.

Baca juga: Cedera ACL, Virgil Van Dijk Absen 7-8 Bulan

Virgil van Dijk akan menepi lama

“Liverpool dapat mengonfirmasi Van Dijk akan menjalani operasi bedah untuk mengatasi cedera lutut yang didapat saat laga melawan Everton,” bunyi pernyataan Liverpool, disitat dari situs resmi klub, Senin (19/10/2020).

“Ligamen lututnya rusak pada insiden yang melibatkan kiper Jordan Pickford pada menit kelima pertandingan. Menurut pemeriksaan lebih lanjut, operasi dibutuhkan untuk menyembuhkan cedera,” imbuh pernyataan resmi tersebut.

Dalam pernyataannya, Liverpool tidak menyebutkan berapa lama Virgil van Dijk harus absen. Namun, cedera ligamen lutut dapat memakan waktu pemulihan minimal enam bulan. Klub hanya memastikan sang pemain akan mengikuti program rehabilitasi agar bisa fit secepat mungkin.

“Tidak ada jangka waktu yang spesifik mengenai kapan kembalinya Van Dijk. Ia akan memulai program rehabilitasi dengan tim medis klub yang dapat membantu mencapai kebugaran sesegera mungkin,” lanjut pernyataan Liverpool.

Cederanya Virgil van Dijk tentu saja menjadi pukulan telak bagi Liverpool. Si Merah sebelumnya sudah kehilangan kiper Alisson Becker akibat cedera. Hilangnya dua personel kunci bakal melemahkan pertahanan Liverpool dalam beberapa waktu ke depan.

Parahnya lagi, Liverpool tidak punya pelapis mumpuni untuk kedua pemain itu. Di posisi penjaga gawang, Adrian San Miguel terlihat canggung dan berulang kali melakukan kesalahan yang berujung gol-gol mudah bagi lawan.

Dengan hilangnya Van Dijk, Liverpool terpaksa harus mengandalkan duet Joe Gomez dan Joel Matip. Jurgen Klopp akan sedikit menyesalkan keputusan menjual Dejan Lovren pada musim panas 2020. Stok yang menipis membuat kepala manajer asal Jerman itu kian pusing mengarungi musim 2020-2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini