Ini Alasan Pochettino Akan Gagal Bersama Manchester United

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 15 Oktober 2020 16:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 15 45 2294164 ini-alasan-pochettino-akan-gagal-bersama-manchester-united-IxdtTnp2P7.jpg Pochettino saat menangani Tottenham Hotspur. (Foto: Instagram/@mrspochettino)

MANCHESTER – Nama Mauricio Pochettino kencang dikabarkan menjadi pelatih Manchester United selanjutnya. Media-media Inggris seperti The Sun, Daily Mail, Daily Express dan yang lain kompak menunjuk Pochettino sebagai suksesor Ole Gunnar Solskjaer yang berstatus sebagai pelatih Man United saat ini.

Namun, penunjukan Pochettino diprediksi bukan solusi. Sebab, Pochettino bukanlah pelatih yang berpengalaman memenangkan gelar, sesuatu yang dibutuhkan Man United saat ini.

Mauricio Pochettino

(Pochettino calon kuat pelatih Man United)

Semenjak menjadi pelatih klub profesional pada 2009, Pochettino tidak pernah memenangkan satu pun gelar. Satu lagi, biasanya orang yang menyandang status pertama di Man United akan gagal total.

Sekadar informasi, jika ditunjuk sebagai pelatih Man United, Pochettino akan tercatat sebagai pelatih pertama asal Argentina yang membesut Setan Merah. Lantas, apa buktinya pelatih yang menyandang status pertama akan gagal bersama Man United?

Contohnya bisa dilihat dari daftar pelatih yang menangani Man United. A. H Albut merupakan pelatih Inggris pertama yang membela Man United dari 1892 hingga 1900. Namun, dalam kurun tersebut tak ada satu pun trofi yang diberikannya kepada Setan Merah.

BACA JUGA: Mauricio Pochettino Pilih Man United ketimbang Man City, Alasannya?

Kemudian John Chapman menjadi pelatih Skotlandia pertama yang menangani Man United. Ia memegang kendali Man United dari 31 Oktober 1921 hingga 8 Oktober 1926.

Lantas, apa hasil yang diberikan untuk Man United? Tak ada satu pun yang dipersembahkan kepada Setan Merah. Hal yang sama juga dialami Jimmy Murphy (Februari-Juni 1958, Wales) dan Frank O’Frarrel (1971-1972, Irlandia).

Keduanya yang berstatus sebagai pelatih pertama Man United dari Skotlandia dan Irlandia juga gagal memberikan trofi bagi Man United. Kemudian, Louis van Gaal (2014-2016, Belanda) dan Jose Mourinho (2016-2018, Portugal) sedikit lebih baik.

Van Gaal

(Van Gaal memberikan trofi Piala FA bagi Man United)

Keduanya masih mampu memberikan trofi, meski bukan Liga Inggris atau Liga Champions. Van Gaal menghadirkan trofi Piala FA. Sementara Mourinho menghasilkan gelar Piala Liga Inggris, Community Shield dan Liga Eropa.

Karena itu, menarik menanti jika nantinya Pochettino benar diangkat sebagai pelatih Man United. Pochettino berpotensi diangkat sebagai pelatih Man United asalkan Setan Merah kalah dari Newcastle United dalam lanjutan Liga Inggris, Minggu 18 Oktober 2020 dini hari WIB.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini