De Gea Dikritik, Luis Enrique Pasang Badan

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Rabu 14 Oktober 2020 11:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 14 51 2293354 de-gea-dikritik-luis-enrique-pasang-badan-hSjrOWCL9q.jpg David De Gea (Foto: UEFA)

KIEV – Timnas Spanyol menelan kekalahan dengan skor 0-1 kala menghadapi Ukraina dalam lanjutan UEFA Nations League 2020-2021. Selepas pertandingan tersebut, penjaga gawang Spanyol, David De Gea pun menjadi sorotan.

Timnas Spanyol sebenarnya mendominasi penguasaan bola. Berkali-kali La Furia Roja bahkan memperoleh peluang untuk mencetak gol. Akan tetapi, penampilan apik Georgi Bushchan di bawah mistar gawang Ukraina sukses membendung seluruh serangan Spanyol.

Di sisi lain, De Gea justru bertanggung jawab besar atas terciptanya gol semata wayang Ukraina. Sebab, posisi De Gea terlalu maju, sehingga Viktor Tsyhankov bisa menemukan ruang tembak yang cukup baik untuk menjebol gawang Spanyol.

Baca juga: Ukraina Bungkam Spanyol, Shevchenko Kehabisan Kata-Kata

Ukraina vs Spanyol

Pelatih Timnas Spanyol, Luis Enrique, sadar bahwa aksi De Gea tersebut berpotensi besar akan menimbulkan kiritik. Apalagi, belakangan ini penjaga gawang Manchester United itu memang kerap tampil buruk dan telah berulang kali disalahkan.

Maka dari itu, sebelum De Gea kembali dikritik secara pedas, Enrique telah lebih dulu memberi peringatan. Ia menegaskan bahwa menyalahkan De Gea adalah kebiasaan yang buruk dan bukan sesuatu yang bijak.

Menurut Enrique, dibobolnya gawang Spanyol adalah risiko dari taktik yang ia terapkan. Sebab, Spanyol bermain menekan sehingga menciptakan ruang bagi Ukraina untuk melakukan serangan balik. Maka dari itu, ia menilai ini bukanlah kesalahan De Gea seorang.

"Anda selalu bisa berbuat lebih banyak, tapi menyalahkan De Gea sudah menjadi kebiasaan buruk. Jika David disalahkan atas permainan seperti ini, maka matikan (TV) dan kami akan pergi," tegas Enrqiue, seperti dilansir dari Goal, Rabu (14/10/2020).

“Jika Anda menyerang secara terus menerus, Anda tahu ada transisi. Jika sebuah tim bertahan dan mempertahankannya di kedudukan 0-0, mereka tumbuh, dan dalam satu aksi mereka menangkap kami. Kami harus memberi selamat kepada mereka,” lanjutnya.

Luis Enrique

"Tidak ada yang terjadi karena dalam satu atau dua pertandingan Anda tidak mencetak gol. Kami menciptakan peluang untuk membunuh mereka. Itu adalah pertandingan yang jelas di bawah kendali kami, dengan lawan menutup operan dan garis umpan,” tandas Enrique.

Meski mendera kekalahan, namun Spanyol masih bercokol di puncak klasemen Grup 4 dengan perolehan tujuh poin. La Furia Roja masih unggul satu angka atas Jerman yang menduduki posisi kedua.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini