Komentar Ketum PSSI soal Liga 1 2020 yang Akan Bergulir Lagi

Andika Pratama, Jurnalis · Selasa 13 Oktober 2020 20:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 13 49 2293141 komentar-ketum-pssi-soal-liga-1-2020-yang-akan-bergulir-lagi-0QhWAzxN80.jpg Mochamad Iriawan (Foto: PSSI)

SLEMAN – Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan, berharap Liga 1 2020 bisa bergulir sesuai rencana, yakni pada 1 November mendatang. Tanggal itu dipilih dalam rapat luar biasa antara klub-klub Liga 1, PT Liga Indonesia Baru (LIB), dan PSSI di Hotel Royal Ambarrukmo, Sleman, Selasa (13/10/2020).

Iriawan tentu tidak mau kejadian pada awal bulan ini terulang kembali. Liga 1 sejatinya direncanakan akan bergulir kembali pada 1 Oktober silam, tetapi gagal karena tidak mendapatkan izin dari pihak berwajib.

Mochamad Iriawan (Foto: Twitter/@PSSI)

Izin tidak diberikan karena kasus Covid-19 di Indonesia saat itu tengah melonjak. Oleh sebab itu, Iriawan berharap kasus Covid-19 di Indonesia menurun sehingga pihak berwajib memberikan izin untuk Liga 1 bergulir kembali pada awal bulan depan.

"Sudah diputuskan oleh teman-teman dari Liga 1 bahwa mereka menginginkan kompetisi tetap berjalan. Kemudian, juga dalam perkembangannya semua akan mengikuti protokol kesehatan. Tadi, sudah dibacakan dari perwakilan yang ada, oleh 18 klub yang diwakili oleh Pak Firman dari Borneo FC,” kata Iriawan kepada awal media, Selasa (13/10/2020).

BACA JUGA: Pemain Persib Bandung Zulham Zamrun Tetap Semangat meski Liga 1 2020 Tak Jelas

"Ini kesepakatan bersama. Semoga ada penurunan kasus Covid-19 sehingga apa yang diinginkan oleh teman-teman, kompetisi ini bisa bergulir kembali. Semoga 1 November ini, ini harapan besar dari teman-teman, komponen sepakbola yang ada,” tuturnya.

Sementara itu, Iriawan juga segara berkomunikasi dengan klub-klub Liga 2 soal kelanjutan kompetisi. Menurut Iriawan, Liga 2 biasanya mengikuti jejak Liga 1 sehingga kompetisi kasta kedua sepakbola Indonesia seharusnya juga bergulir kembali dalam waktu dekat.

"Selanjutnya kami akan lanjutkan dengan teman-teman Liga 2, biasa jika Liga 1 ingin lanjut, Liga 2 tinggal mengikuti. Demikian kami juga turut bergembira karena Jakarta sudah menurunkan PSBB-nya, sudah dibuka tempat tempat hiburan, bahkan bioskop juga,” ucap sosok yang akrab disapa Iwan Bule itu.

Kompetisi yang segera bergulir kembali, membuat setiap klub harus mempersiapkan timnya dengan matang agar meraih hasil bagus pada pertandingan pertama setelah penangguhan. Hasil apik pada pertandingan pertama cukup penting untuk mengarungi sisa kompetisi musim ini.

BACA JUGA: Liga 1 2020 Akan Bergulir 1 November

Sebelum kompetisi ditangguhkan, Persib Bandung tengah memimpin klasemen sementara dengan koleksi sembilan poin. Maung Bandung –julukan Persib– diikuti Bali United (tujuh poin) dan Boneo FC (enam poin).

Selisih poin yang tipis di papan atas, membuat juara Liga 1 masih sulit ditebak. Setiap tim berpeluang menjadi juara asal bisa mendapatkan momentum positif setelah penangguhan kompetisi dan mempertahankannya hingga akhir musim.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini