Liga 1 2020 Akan Bergulir 1 November

Andika Pratama, Jurnalis · Selasa 13 Oktober 2020 19:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 13 49 2293117 liga-1-2020-akan-bergulir-1-november-jsiC5gXa7d.jpg Persib (Foto: Persib/Rivan Mandala)

SLEMAN Liga 1 2020 akan bergulir kembali pada 1 November mendatang. Keputusan itu diambil dalam rapat luar biasa antara klub-klub Liga 1, PT Liga Indonesia Baru (LIB), dan PSSI di Hotel Royal Ambarrukmo, Sleman, Selasa (13/10/2020).

Keputusan ini merupakan kabar gembira untuk para pencinta sepakbola Tanah Air setelah sebelumnya sempat dikecewakan pada akhir bulan lalu. Liga 1 direncanakan bergulir kembali pada 1 Oktober silam, tetapi diundur karena tidak mendapatkan izin dari pihak berwajib.

Persib Bandung (Foto: Persib/Gregorius A.K.)

Namun, secercah harapan hadir saat 18 klub Liga 1, PSSI, dan LIB sepakat untuk melanjutkan kompetisi pada awal bulan depan. Klub-klub Liga 1 mantap melanjutkan kompetisi demi memajukan sepakbola nasional.

“Klub sepakat untuk dilanjutkannya kompetisi pada 1 November 2020 dengan semangat 'Memajukan Sepak Bola Nasional," demikian pernyataan sikap klub-klub Liga 1.

BACA JUGA: Pemain Persib Bandung Zulham Zamrun Tetap Semangat meski Liga 1 2020 Tak Jelas

Kompetisi yang segera bergulir kembali, membuat setiap klub harus mempersiapkan timnya dengan matang agar meraih hasil bagus pada pertandingan pertama setelah penangguhan. Hasil apik pada pertandingan pertama cukup penting untuk mengarungi sisa kompetisi musim ini.

Sebelum kompetisi ditangguhkan, Persib Bandung tengah memimpin klasemen sementara dengan koleksi sembilan poin. Maung Bandung –julukan Persib– diikuti Bali United (tujuh poin) dan Boneo FC (enam poin).

Selisih poin yang tipis di papan atas membuat juara Liga 1 masih sulit ditebak. Setiap tim bisa menjadi juara asal bisa mendapatkan momentum positif setelah penangguhan kompetisi.

Sementara itu, bergulirnya Liga 1 juga memberikan angin segar untuk Tim Nasional (Timnas) Indonesia. Jika kompetisi ditunda lebih lama lagi, Timnas Indonesia dikhawatirkan tidak bisa mengikuti agenda AFC dan FIFA.

BACA JUGA: Cara Robert Alberts Jaga Motivasi Skuad Persib di Tengah Ketidakpastian Liga 1 2020

Karena Liga 1 bergulir pada awal bulan depan, PSSI pun dapat berharap bahwa kompetisi akan selesai pada Maret 2021. Dengan demikian, Liga 1 tidak akan mengganggu Piala Dunia U-20 2021 yang akan diselenggarakan pada Mei tahun depan.

Banyak dampak positif dari kembalinya Liga 1. Yang terpenting sekarang adalah PT LIB bisa menyelenggarakan setiap pertandingan dengan baik sesuai protokol kesehatan agar kompetisi bisa berjalan lancar dan selesai tepat waktu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini