Kemenangan atas Belgia Jadi Gambaran Masa Depan Inggris

Andika Pratama, Jurnalis · Senin 12 Oktober 2020 17:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 12 51 2292433 kemenangan-atas-belgia-jadi-gambaran-masa-depan-inggris-kyIOKfHjBi.jpg Inggris (Foto: Twitter/@England)

LONDON – Pelatih Inggris, Gareth Southgate, menyatakan kemenangan atas Belgia menjadi gambaran potensi timnya di masa depan. Inggris menundukkkan Belgia 2-1 dalam laga lanjutan Liga A Grup 2 UEFA Nations League (UNL) 2020-2021.

Inggris menunjukkan karakternya dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Wembley, Minggu 11 Oktober 2020, malam WIB tersebut. Inggris yang tertinggal lebih dulu, bangkit untuk meraih kemenangan.

Mason Mount vs Belgia (Foto: Laman resmi UEFA)

Awal pertandingan tidak berjalan baik untuk Inggris. Gawang Inggris kawalan Jordan Pickford bobol lebih dulu pada menit ke-16. Pelanggaran Eric Dier kepada Romelu Lukaku berbuah penalti yang dieksekusi sendiri oleh pemain Inter Milan itu menjadi gol.

Pertandingan lebih sengit setelah gol Lukaku karena permainan jadi lebih terbuka. Akan tetapi, Belgia tidak mampu menjaga keunggulan mereka hingga babak pertama berakhir.

BACA JUGA: Henderson Bicara soal Hadiah Penalti Inggris di Laga Kontra Belgia

Inggris mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-39. Gol balasan Inggris juga tercipta dari titik putih setelah Jordan Henderson dilanggar oleh Thomas Meunier. Marcus Rashford yang menjadi algojo, menuntaskan tugasnya dengan baik untuk mengubah kedudukan di papan skor. Kedudukan 1-1 pun menutup babak pertama.

Inggris berusaha keras mencetak gol kedua meski penguasaan bola sedikit kalah dari Belgia. Meski kalah penguasaan bola, Inggris mampu menahan gempuran Belgia dengan sangat baik sehingga tim lawan minim peluang berbahaya.

Perjuangan Inggris mencetak gol kedua berbuah hasil pada menit ke-64. Mason Mount melepaskan tembakan yang gagal diantisipasi kiper Belgia, Simon Mignolet. Kedudukan 2-1 untuk keunggulan Inggris pun bertahan hingga pertandingan selesai.

Menurut Southgate, kemenangan itu menjadi gambaran dari potensi Inggris di masa depan. Southgate pun menilai pertandingan kontra Belgia menjadi pembelajaraan berharga untuk para pemain muda Inggris.

BACA JUGA: Henderson Beberkan Kunci Suskes Inggris Taklukkan Belgia 2-1

“Merupakan pengalaman yang brilian bagi mereka (para pemain muda Inggris) untuk bermain melawan tim papan atas. Menang akan memberi mereka gambaran tentang apa yang mungkin terjadi selama beberapa tahun ke depan,” kata Southgate, menyadur dari Sportsmole, Senin (12/10/2020).

Kemenangan atas Belgia membuat Inggris kukuh di puncak klasemen sementara Liga A Grup 2 dengan koleksi tujuh poin. Inggris unggul satu poin atas Belgia di posisi kedua.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini