Mental Pemain Persib Bandung Menurun Akibat Ketidakjelasan Liga 1 2020

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Senin 12 Oktober 2020 15:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 12 49 2292341 mental-pemain-persib-bandung-menurun-akibat-ketidakjelasan-liga-1-2020-XI2IqS1fi4.jpg Supardi Nasir. (Foto/Persib Bandung)

BANDUNG – Robert Alberts menyatakan mental pemain Persib Bandung menurun usai Liga 1 2020 ditunda. Ia mengatakan bahwa ketidakjelasan kompetisi membuat skuad Maun Bandung tidak termotivasi.

Liga 1 2020 yang baru berjalan tiga pekan dihentikan pada pertengahan Maret 2020 akibat pandemi virus corona. Federasi Sepakbola (PSSI) kemudian berencana melanjutkan liga pada 1 Oktober 2020.

Foto/Persib Bandung

Namun, kelanjutan Liga 1 2020 terpaksa ditunda. Pasalnya Kepolisian Indonesia tidak memberikan izin di semua tingkatan karena kasus covid-19 masih tinggi.

Baca juga: Robert Alberts Puji Duo Bek Tengah Persib Bandung

Dampak penundaan itu, Roberts sempat meliburkan latihan Persib. Mereka baru kembali latihan pada Jumat pekan lalu.

“Kondisi fisik pemain oke, secara mental ada masalah yang besar. Karena kami tidak bisa terus-terusan mengulang dan secara motivasi itu sangat membingungkan bagi pemain dan membuat mereka tidak termotivasi. Kami harus memahami itu karena tidak ada keputusan yang pasti,” ujarnya mengutip Simamaun, Senin (12/10/2020).

Robert mengungkapkan merasa kesulitan mengembalikan kekecewaaan pemain yang sangat bersemangat tampil di Liga 1 2020. Pelatih asal Belanda tersebut sudah mempersiapkan timnya dua kali, yakni di pramusim 2020 dan saat kelanjutan Liga 1 2020, namun para pemain belum lagi kembali bertanding di kompetisi.

“Kami juga sudah melakukan segalanya untuk melakukan persiapan, dua kali bahkan pada musim ini. Jadi ini saya akui memang sangat sulit,” tutur dia.

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan mengharapkan Liga 1 2020 dapat dilanjutkan pada November mendatang. Dia menjelaskan jika kompetisi tidak dilanjutkan pada bulan depan, pihaknya kesulitan untuk menyelenggarakan liga di bulang Desember karena akan terbentur bulan Ramadan dan Piala Dunia U-20 2021.

Foto/Okezone

Sementara itu, kapten Persib, Supardi Nasir memastikan rekan-rekannya tak terpengaruh oleh ketidakpastian lanjutan Liga 1 2020. Semua pemain tetap maksimal mempersiapkan diri menghadapi restart kompetisi yang direncanakan bulan November.

"Di gim internal tak tampak pemain kekurangan gairah. Pemain tetap tampil maksimal. Jadi, saya pikir tak ada masalah. Termasuk fisik pemain juga tetap bugar," kata dia mengutip laman Persib

Sebagai pemain, Supardi dan kawan-kawan hanya akan fokus di lapangan. Ia akan menyerahkan semua hal nonteknis di luar lapangan kepada manajemen klub.

"Sebagai pemain profesional kami tetap patuh pada apa yang ada dalam kontrak. Jadi, kami ikut arahan manajemen dan tim pelatih. Tugas kami di lapangan memaksimalkan apa yang diinstruksikan. Kejelasan kompetisi ada di ranah manajemen, kami hanya fokus di lapangan," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini