Cerita Maman Abdurrahman yang Pernah Jadi Ball Boy demi Beli Sepatu Bola

Djanti Virantika, Jurnalis · Jum'at 09 Oktober 2020 14:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 09 49 2291059 cerita-maman-abdurrahman-yang-pernah-jadi-ball-boy-demi-beli-sepatu-bola-4gl3GCHr07.jpg Maman Abdurrahman. (Foto: Instagram/@memendurehmen56)

JAKARTA – Bek Persija Jakarta, Maman Abdurrahman, berbagi kisah awal perjalanan kariernya di dunia sepakbola. Cerita menarik pun terkuak soal perjuangan Maman yang ternyata sempat menjadi ball boy tenis (seorang anak yang bertugas mengambil bola ketika keluar permainan) untuk membeli sepatu bola.

Tak hanya untuk membeli sepatu bola semata. Maman juga mengatakan bahwa pendapatannya dari menjadi ball boy tenis itu digunakan untuk ongkosnya ke tempat latihan sepakbola.

Maman Abdurrahman

Maman sendiri mengaku mulai aktif menimba ilmu di dunia sepakbola secara serius sejak kelas 3 sekolah menengah pertama (SMP). Kala itu, bek berusia 35 tahun tersebut masuk bergabung ke PS PAM Jaya.

BACA JUGA: Tips Maman Abdurahman Bisa Bermain sebagai Bek Tengah atau Sayap

Dari situ, kariernya terus menanjak hingga kini telah menjadi pesepakbola profesional yang sukses. Wajah pesepakbola kelahiran Jakarta 12 Mei 1982 itu bahkan sudah malang-melintang di sejumlah klub ternama Tanah Air.

Maman tercatat pernah membela PSIS Semarang pada 2005-2008, Persib Bandung pada 2008-2013, hingga kini bernaung di Persija Jakarta. Ia resmi berlabuh ke Macan Kemayoran -julukan Persija- pada 2016.

Bersama Persija, Maman berhasil mengangkat trofi Liga 1 pada 2018. Tak hanya itu, dia juga pernah memperkuat Tim Nasional (Timnas) Indonesia, baik senior atau U-23.

"Waktu itu awalnya sempat ikut-ikutan di Bekasi. Setelah mulai aktif, kelas 3 SMP kalau tidak salah, di klub Persija Timur, PS PAM Jaya. Sekarang, alumninya masih banyak yang aktif,” ujar Maman, saat berbincang di channel Youtube mantan rekan setimnya di Persija, yakni Amarzukih.

Maman Abdurrahman

“Sepatu bola pertama kali, seinget saya pertama kali sempat dibeliin sama orangtua. Terus sama kebetulan saya juga waktu itu jadi ball boy tenis, saya ambilin bolanya,” lanjutnya.

“Hasil dari situ saya beliin sepatu bola, saya pakai buat ongkos latihan,” tukas mantan pemain Persita Tangerang itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini