Barcelona Potong Gaji Pemain, Lionel Messi Bisa Gabung Man City Januari 2021

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Kamis 08 Oktober 2020 14:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 08 46 2290433 barcelona-potong-gaji-pemain-lionel-messi-bisa-gabung-man-city-januari-2021-1Bf9Z7kMKU.jpg Lionel Messi (Foto: Twitter Barcelona)

BARCELONA – Barcelona saat ini sedang menghadapi krisis keuangan. Sebagai akibatnya, mereka sangat mungkin untuk ditinggal oleh para pemain bintangnya, termasuk Lionel Messi yang telah menjadi bidikan Manchester City.

Tentunya bukan rahasia lagi bahwa pandemi Virus Corona (Covid-19) membuat sektor perekonomian goyah. Sepakbola yang merupakan salah satu industri terbesar pun terkena dampaknya. Klub-klub mengalami penurunan pemasukan dari berbagai lini.

Masalah finansial ini nyatanya juga menghantam Barca. Hal ini sebenarnya sudah dapat dilihat dari pergerakan Blaugrana di bursa transfer musim panas 2020. Barca yang biasanya dikenal sebagai klub royal, kini justru gagal mendapatkan sejumlah pemain incarannya.

Baca juga: Lionel Messi Jadi Amatiran di Depan Pemain Arsenal Ini

Memphis Depay

Memphis Depay dan Eric Garcia gagal mereka rekrut karena Blaugrana tak mau memenuhi tuntutan harga klub pemilik. Meski Barca sudah melepas pemain bergaji tinggi seperti Luis Suarez dan Arturo Vidal, namun hal ini tak lantas membuat mereka benar-benar merdeka dari masalah finansial.

Menurut laporan yang dikutip dari Sportbible, Kamis (8/10/2020), dalam waktu dekat Barca akan melakukan pemotongan gaji kepada para pemain dan pegawai mereka. Tidak tanggung-tanggung, disebutkan bahwa pihak klub akan melakukan pemotongan gaji hingga 70 persen.

Sebenarnya bukan kali ini saja Barca memiliki niatan pemotongan gaji. Sebelumnya, pada awal-awal pandemi, pihak Barca juga melakukan pemotongan gaji pemain dan pegawai untuk musim 2019-2020. Hanya saja, ketika itu Barca mendapat dukungan dari Messi.

Kendati demikian, situasi berbeda terjadi sekarang. Ketidaksukaan Messi kepada presiden dan dewan direksi Barca membuatnya berada di kubu penentang. Dengan kata lain, jika pemotongan gaji tetap dilakukan, Messi justru memiliki alasan untuk bisa meninggalkan Blaugrana.

Para pemain dan pegawai sejatinya memiliki hak untuk menolak pemotongan gaji tersebut. Pasalnya, mereka dilindungi aturan pada pasal 41 di Workers' Statute dan bisa memilih mengakhiri kontrak lebih cepat.

Lionel Messi

Dengan situasi seperti ini, maka Messi bisa angkat kaki dari Barca pada bursa transfer musim dingin 2021 dengan status bebas transfer. Pemain berjuluk La Pulga itu bisa bergabung dengan Man City tanpa diikat dengan klausul penebusan lagi karena masa kontraknya dengan Barca sudah diputus.

Man City sendiri disebut tengah memantau situasi ini. Sebagaimana diketahui, Man City sudah menginginkan jasa Messi sejak Agustus lalu. Man City bahkan dilaporkan sudah menyiapkan kontrak berdurasi lima tahun untuk La Pulga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini