5 Klub yang Tergabung di Grup Neraka pada Liga Champions 2020-2021

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 01 Oktober 2020 11:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 01 261 2286637 5-klub-yang-tergabung-di-grup-neraka-pada-liga-champions-2020-2021-5b73TRnwCg.jpg Suasana pengundian Fase Grup Liga Champions. (Foto: UEFA.com)

FEDERASI Sepakbola Eropa (UEFA) akan melakukan pengundian Fase Grup Liga Champions 2020-2021 di Kota, Jenewa, Swiss, pada Kamis (1/10/2020) pukul 22.00 WIB. Sebelum melakukan pengundian, UEFA akan membagi 32 tim ke dalam empat pot, yang mana masing-masing potnya berisikan delapan tim.

Pot 1 berisikan juara bertahan Liga Champions, Liga Eropa serta kampiun tujuh teratas kompetisi domestik Eropa (minus Jerman). Mereka ialah Bayern Munich (Liga Champions), Sevilla (Liga Eropa), Real Madrid (Liga Spanyol), Liverpool (Inggris), Juventus (Italia), PSG (Prancis), Zenit (Rusia) dan FC Porto (Portugal).

Kemudian, penghuni pot 2 hingga 4 ditempatkan UEFA berdasarkan koefisien mereka di kompetisi antarklub Eropa dalam lima musim terakhir. Lantas, bagaimana proses pengundian Fase Grup Liga Champions 2020-2021?

Nantinya, setiap tim yang berada di pot yang sama takkan saling bertemu di fase grup. Begitu juga dengan tim-tim yang berasal dari negara yang sama juga takkan saling bersua di fase grup. Satu hal yang pasti, kondisi di atas memungkinkan terciptanya grup neraka di Liga Champions 2020-2021.

Berikut 5 klub yang tergabung di grup neraka pada Liga Champions 2020-2021:

5. Liverpool

Liverpool

Liverpool berada di pot 1 berkat keberhasilan keluar sebagai juara Liga Inggris. Meski berada di pot 1, Liverpool tak bisa tenang. Sebab, Liverpool kemungkinan satu grup dengan salah satu dari Barcelona, Atletico Madrid, Borussia Dortmund, Ajax Amsterdam dan Shakhtar Donetsk (penghuni pot 2).

Kemudian untuk pot 3, Liverpool bisa satu grup dengan salah satu dari Inter Milan, Atalanta dan RB Leipzig. Untuk pot 4, ada Olympique Marseille dan Borussia Monchengladbach yang bisa jadi batu sandungan bagi mereka. Jika diambil kemungkinan terburuk, Liverpool bisa satu grup dengan Barcelona, Inter Milan dan Marseille.

4. Real Madrid

Real Madrid

Sama seperti Liverpool, Madrid berada di pot 1 karena berhasil menjadi juara Liga Spanyol. Los Blancos –julukan Madrid– bisa bertemu salah satu dari Manchester City, Manchester United, Dortmund, Ajax, Shakhtar dan Chelsea yang notabene penghuni pot 2.

BACA JUGA: Cristiano Ronaldo Bertemu Man United, Messi Bisa Balas Dendam kepada Bayern di Liga Champions 2020-2021

Kemudian untuk pot 3, Madrid bisa satu grup dengan salah satu dari Inter Milan, Atalanta dan RB Leipzig. Untuk pot 4, ada Olympique Marseille dan Borussia Monchengladbach yang bisa jadi batu sandungan bagi mereka. Jika mengalami nasib apes, Madrid bisa satu grup dengan Man City, Atalanta dan Marseille.

3. PSG

PSG

PSG berada di pot 1 berkat keberhasilan mereka menjuarai Liga Prancis 2019-2020. Namun, tim-tim di pot 2 seperti Barcelona, Atletico Madrid, Manchester City, Manchester United, Dortmund, Ajax, Shakhtar dan Chelsea siap menghadang mereka.

Unutk pot 3, salah satu dari Inter Milan, Atalanta dan RB Leipzig bisa satu grup dengan Kylian Mbappe dan kawan-kawan. Kemudian di pot 4 ada Istanbul Basaksehir dan Gladbach yang bisa jadi ancaman bagi skuad asuhan Thomas Tuchel. Kemungkinan terburuk, PSG satu grup dengan Barcelona, Inter Milan dan Gladbach.

2. Juventus

Juventus

Juventus lagi-lagi berada di pot 1 karena keluar sebagai juara Liga Italia. Namun, perjalanan Juventus di Fase Grup Liga Champions 2020-2021 takkan mudah karena mereka akan menghadapi salah satu dari tim kuat di pot 2 seperti Barcelona, Atletico Madrid, Manchester City, Manchester United, Dortmund, Ajax, Shakhtar dan Chelsea.

Untuk pot 3, Juventus terhindar dari Inter dan Atalanta karena mereka berasal dari negara yang sama, Italia. Namun, Juventus bisa satu grup dengan jagoan pot 3 lainnya, RB Leipzig. Bagaimana dengan pot 4? Marseille dan Gladbach bisa mempersulit langkah Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan untuk lolos ke 16 besar. Karena itu, kemungkinan terburuk Juventus bisa satu grup dengan Barcelona, RB Leipzig dan Marseille.

1. Bayern Munich

Bayern Munich

Status juara bertahan membuat Bayern Munich menjadi incaran seluruh tim. Bisa dibilang, Die Roten –julukan Bayern– merupakan klub yang paling berpeluang tergabung di grup neraka.

Nantinya, Bayern akan menghadapi salah satu dari penghuni pot 2 seperti Barcelona, Atletico Madrid, Manchester City, Manchester United, Ajax, Shakhtar dan Chelsea. Kemudian di pot 3, ada Inter Milan, Atalanta dan Lazio yang siap mengganjal langkah mereka.

Bagaimana dengan pot 4? Marseille dan Istanbul Basaksehir siap menghambat ambisi Robert Lewandowski dan kawan-kawan melaju ke 16 besar. Kemungkinan terburuk, Bayern tergabung bersama Barcelona, Inter Milan dan Marseille.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini