Era Ronaldo dan Messi Berakhir, Mbappe dan Haaland Dominasi Top Skor Liga Champions?

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 30 September 2020 17:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 30 261 2286288 era-ronaldo-dan-messi-berakhir-mbappe-dan-haaland-dominasi-top-skor-liga-champion-UKnmQMDLp5.jpg Messi andalan Barcelona. (Foto: Twitter/@ChampionsLeague)

DARI Liga Champions 2007-2008 hingga 2018-2019, gelar top skor bergantian direbut Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Dalam kurun tersebut, hanya Neymar Jr yang masuk ke persaingan.

Sekalipun menjadi top skor Liga Champions 2014-2015 saat itu, Neymar bersanding dengan Cristiano Ronaldo dan Messi di posisi teratas via koleksi 10 gol. Pencapaian di atas membuat Cristiano Ronaldo dan La Pulga –julukan Messi– tercatat sebagai pemegang trofi top skor Liga Champions terbanyak.

Cristiano Ronaldo

(Ronaldo dan Messi raja gol di Liga Champions)

Cristiano Ronaldo telah memenangkan tujuh trofi, sedangkan Messi satu gelar lebih sedikit. Keduanya juga menduduki dua teratas pencetak gol terbanyak Liga Champions sepanjang masa. Cristiano Ronaldo mengoleksi 130 gol, unggul 15 bola dari Messi di tempat kedua.

Namun, pertanda dominasi Cristiano Ronaldo dan Messi sebagai pencetak gol terbanyak di Liga Champions segera berakhir sudah terlihat. Keduanya gagal menjadi top skor Liga Champions 2019-2020.

Jangankan menjadi top skor, mencetak lima gol saja keduanya tidak mampu. Cristiano Ronaldo cuma mencetak empat gol, sedangkan Messi satu bola lebih rendah. Koleksi gol mereka jauh tertinggal dari Robert Lewandowski (Bayern Munich) yang keluar sebagai top skor dengan koleksi 15 gol!

BACA JUGA: Cristiano Ronaldo, Messi atau Nama Baru yang Jadi Top Skor Liga Champions 2020-2021?

Akankah Lewandowski akan kembali menjadi top skor Liga Champions dalam beberapa musim ke depan? Peluangnya agak kecil karena Lewandowski sudah tak muda lagi, yang mana telah berusia 32 tahun.

Lantas, siapa yang akan melanjutkan dominasi Ronaldo dan Messi di Liga Champions? Jawabannya bisa jatuh ke tangan dua pemain muda, yakni Kylian Mbappe (PSG) dan Erling Haaland (Borussia Dortmund).

Kylian Mbappe

(Mbappe, mesin gol PSG)

Mbappe yang dalam empat musim terakhir tampil di Liga Champions, sanggup mengoleksi 19 gol dari 35 penampilan. Koleksi itu memang tak terlalu mentereng, namun berhubung Mbappe baru 21 tahun, potensinya untuk meningkatkan kemampuannya dalam mencetak gol terbuka lebar.

Bahkan, pemain sekelas Cristiano Ronaldo saja, baru mencetak gol perdananya di Liga Champions pada usia 22 tahun! Bagaimana dengan Haaland? Penyerang asal Norwegia itu tampil bak fenomena di musim pertamanya mentas di Liga Champions (2019-2020).

Erling Haaland

(Erling Haaland, mesin gol Borussia Dortmund)

Pada Liga Champions 2019-2020, Haaland mengoleksi 10 gol hanya dari delapan penampilan! Luar biasanya, Haaland mencetak pencapaian di atas ketika usianya baru 19 tahun. Karena itu, Mbappe dan Haaland diprediksi bisa melanjutkan dominasi Messi dan Ronaldo di Liga Champions.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini