Juventus Dihukum Degradasi Gara-Gara Suarez, Bagaimana Nasib Cristiano Ronaldo Dkk?

Ramdani Bur, Jurnalis · Minggu 27 September 2020 09:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 27 47 2284417 juventus-dihukum-degradasi-gara-gara-suarez-bagaimana-nasib-cristiano-ronaldo-dkk-EZnR0x0kU9.jpg Skuad Juventus jelang hadapi AS Roma. (Foto: Twitter/@juventusfc)

TURIN Juventus batal mendapatkan Luis Suarez pada bursa transfer musim panas 2020. Hal itu karena proses pembuatan paspor Italia –salah satu syarat Suarez untuk gabung Juventus– baru rampung akhir Oktober 2020. Di saat yang bersamaan, bursa transfer musim panas 2020 sudah ditutup 5 Oktober 2020.

Karena gagal mendatangkan Luis Suarez, manajemen langsung bergerak cepat. Medio tengah pekan lalu, manajemen Juventus meminjam penyerang Atletico Madrid, Alvaro Morata, selama semusim.

Luis Suarez

(Luis Suarez saat hendak menjalani tes bahasa Italia di Perugia)

Sementara itu, Luis Suarez yang batal gabung Juventus memutuskan melanjutkan karier bersama Atletico Madrid. Namun, apes bagi Juventus, ternyata ada masalah yang tertinggal ketika mereka berupaya mendatangkan Luis Suarez.

Awal pekan lalu, Suarez diketahui menjalani tes bahasa Italia di University of Perugia, Italia. Suarez menjalani tes bahasa Italia sebagai salah satu persyaratan mendapatkan paspor Italia.

Kabarnya, pengacara Juventus Maria Turco sudah menghubungi pihak University of Perugia. Maria Turco diduga meminta kepada pihak University of Perugia untuk memberikan soal bahasa Italia yang mudah kepada Suarez. Harapannya jika soal mudah yang diberikan, Luis Suarez dapat lolos tes dan otomastis mendapatkan paspor Italia.

Kabar di atas membuat Presiden Codacons (Lembaga perlindungan konsumen dan lingkungan Italia), Marco Donzelli, angkat bicara. Menurut Donzelli jika Juventus terbukti bersalah, dalam hal ini membantu Suarez melakukan tindakan curang, Juventus bisa dihukum degradasi ke Serie B, layaknya di akhir musim 2005-2006.

“Andai keterlibatan langsung Juventus terkonfirmasi dalam kecurangan Luis Suarez mendapatkan paspor Italia, maka FIGC harus menghukum Juventus dengan sanksi yang berat,” papar Marco Donzelli, dikutip dari Corriere dello Sport, Minggu (27/9/2020).

BACA JUGA: Gara-Gara Luis Suarez, Juventus Berpotensi Terdegradasi Lagi

“Dengan segala kepentingan, termasuk ekonomis, bahwa Juventus diduga berusaha mengamankan salah satu striker terhebat di Eropa. Untuk alasan ini, sesuai dengan Kode Etik Olahraga Pasal 32, kami meminta Juventus didegradasi,” lanjut pria asal Italia tersebut.

Andai Federasi Sepakbola Italia (FIGC) akhirnya mengusut kasus di atas dan menyatakan Juventus bersalah, akankah kubu si Nyonya Tua benar didegradasi ke Serie B? Jika Juventus terdegradasi, bagaimana dengan nasib deretan pemain bintang yang mereka miliki?

Luis Suarez

(Luis Suarez pilih gabung Atletico Madrid)

Kemungkinan besar, deretan pemain bintang Juventus seperti Cristiano Ronaldo, Aaron Ramsey dan Matthijs de Ligt akan meninggalkan Stadion Allianz. Petaka sempat dialami Juventus di akhir musim 2005-2006.

Kala itu karena terbukti melakukan pengaturan skor (Calciopoli), Juventus dipaksa terdegrasi di ujung Liga Italia 2005-2006. Tidak hanya didegradasi, gelar Liga Italia 2004-2005 dan 2005-2006 yang mereka sabet mesti dicopot. Selain itu, Juventus juga mesti memulai Serie B dengan minus sembilan poin.

Akibatnya, sebanyak enam pemain bintang Juventus memutuskan angkat kaki. Sebut saja Zlatan Ibrahimovic dan Patrick Vieira yang pindah ke Inter Milan, Emerson dan Fabio Cannavaro (Real Madrid), serta Gianluca Zambrotta dan Lilian Thuram (Barcelona).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini