5 Pemain yang Sukses di 3 Kompetisi Elite Eropa

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Jum'at 25 September 2020 19:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 25 51 2283914 5-pemain-yang-sukses-di-3-kompetisi-elite-eropa-doOcWZy7mR.jpg Cristiano Ronaldo (Foto: Twitter Cristiano Ronaldo)

EROPA bisa dibilang merupakan kiblat bagi dunia sepakbola. Di Eropa sendiri terdapat lima liga yang dianggap paling elite jika dibandingkan dengan yang lain. Kelima liga tersebut adalah Inggris, Spanyol, Italia, Jerman, dan Prancis.

Kelima liga tersebut sejatinya selalu jadi destinasi bagi para pesepakbola untuk mengukir namanya dan menjadi sorotan dunia. Akan tetapi, tak banyak pesepakbola yang mampu meraih sukses di tiga liga berbeda.

Berikut ini adalah lima pemain yang meraih sukses di tiga liga elite Eropa:

5. Edin Dzeko

Edin Dzeko

Edin Dzeko merupakan pemain pertama yang mampu membukukan sedikitnya 50 gol di tiga liga elite Eropa berbeda. Kacemerlangan Dzeko sudah terlihat sejak dirinya membela Wolfsburg pada medio 2007-2011. Dalam kurun waktu tersebut, Dzeko berhasil membukukan 66 gol di Liga Jerman dan mengantarkan Wolfsburg menjuarai kompetisi itu untuk pertama kalinya.

Pada 2011-2015, Dzeko bermain untuk Manchester City. Di pentas Liga Inggris, penyerang berkebangsaan Bosnia Herzegovina itu melesakkan 50 gol dan membantu Man City juara Liga Inggris dua kali. Setelahnya, Dzeko hijrah ke AS Roma di mana ia membukukan 78 gol. Sayangnya, Dzeko hanya bisa membawa I Lupi menjadi runner-up Liga Italia sebagai pencapaian terbaiknya.

4. Xabi Alonso

Xabi Alonso

Xabi Alonso telah diakui sebagai salah satu gelandang terbaik pada masanya. Tak ayal, Alonso selalu menjadi incaran klub-klub papan atas Eropa. Selama berkiprah sebagai pesepakbola, gelandang berkebangsaan Spanyol itu tercatat pernah membela Liverpool, Real Madrid, dan Bayern Munich.

Bersama Madrid dan Bayern, Alonso mampu mencatatkan prestasi bagus dengan menjuarai Liga Spanyol dan Jerman. Sedangkan, bersama Liverpool, meski gagal menjuarai Liga Inggris, namun Alonso meraih kejayaan di ajang Liga Champions bersama The Reds.

3. Arturo Vidal

Arturo Vidal

Sama halnya dengan Xabi Alonso, Arturo Vidal juga membela klub-klub papan atas di tiga liga top Eropa. Tercatat, gelandang berpaspor Cile itu pernah berseragam Juventus, Bayern Munich, dan Barcelona.

Bedanya dengan Alonso, Vidal berhasil memenangkan tiga liga domestik berbeda bersama klub-klubnya tersebut. Di musim 2020-2021, Vidal akan memulai petualangan barunya bersama raksasa Italia lainnya, yaitu Inter Milan.

2. Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo telah diakui sebagai salah satu pesepakbola terbaik yang pernah ada dalam sejarah. Maklum saja, pasalnya di setiap klub yang dibela Ronaldo selalu berhasil diantarkannya meraih prestasi, seperti Manchester United, Real Madrid, dan Juventus.

Bersama klub-klub tersebut, Ronaldo sukses menjuarai liga domestik. Bahkan, ia juga mengantarkan Man United dan Mandrid menjadi kampiun Liga Champions. Sayangnya, hal itu belum bisa diwujudkan CR7 bersama Juventus.

1. Zlatan Ibrahimovic

Zlatan Ibrahimovic

Zlatan Ibrahimovic sering dikenal sebagai pemain spesialis liga domestik. Sebab, Ibra kerap membawa klub yang dibelanya menjuarai gelar liga. Tercatat, pria berpaspor Swedia itu pernah merasakan gelar juara Liga Italia (Inter Milan dan AC Milan), Spanyol (Barcelona), Prancis (PSG), dan Belanda (Ajax Amsterdam).

Ibra juga sebenarnya pernah merumput di Liga Inggris bersama Manchester United. Sayangnya, ia gagal meraih gelar juara Liga Inggris. Meski begitu, Ibra membantu Man United dalam memenangkan trofi Liga Eropa.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini