Share

Frank De Boer Resmi Tangani Timnas Belanda

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Kamis 24 September 2020 07:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 24 51 2282802 frank-de-boer-resmi-tangani-timnas-belanda-qFWuSwICBQ.jpg Frank De Boer resmi tangani Timnas Belanda (Foto: KNVB)

AMSTERDAM – Federasi Sepakbola Belanda (KNVB) resmi mengumumkan Frank de Boer sebagai suksesor Ronald Koeman di Tim Nasional (Timnas) Belanda. Pelatih berusia 50 tahun itu dipercaya menangani Ons Oranje hingga Piala Dunia 2022.

Seperti diberitakan, Timnas Belanda ditinggalkan Ronald Koeman yang memilih bergabung dengan Barcelona sebagai pelatih pada akhir Agustus 2020. Posisinya sempat diisi oleh sang asisten Dwight Lodeweges dalam dua laga UEFA Nations League 2020-2021 awal September.

Namun, dikutip dari laman resmi KNVB, Kamis (24/9/2020), masa tugas Lodeweges resmi berakhir Rabu 23 September malam WIB. Sebab, pihak federasi langsung menunjuk Frank de Boer selaku pelatih definitif Timnas Belanda.

Baca juga: Frank de Boer Ditunjuk Jadi Pelatih Timnas Belanda

Timnas Belanda vs Irlandia

Mantan pemain Ajax Amsterdam itu akan mulai bertugas pada laga persahabatan melawan Meksiko 8 Oktober 2020. Setelah itu, Frank de Boer bakal mengasuh Memphis Depay dan kawan-kawan pada dua laga UEFA Nations League 2020 melawan Bosnia dan Herzegovina plus Italia.

Frank de Boer bukan nama sembarangan di dunia sepakbola Belanda. Ia memegang jumlah penampilan sebanyak 112 kali, hanya Wesley Sneijder dan Edwin van der Sar yang punya caps lebih banyak. Setelah pensiun pada 2006, de Boer langsung merintis karier sebagai pelatih.

Kariernya diawali dengan melatih kesebelasan yang melambungkan namanya, yaitu Ajax Amsterdam pada 2010-2016. Setelah itu, Frank de Boer dipercaya melatih Inter Milan pada musim panas 2016, kendati hanya dalam waktu singkat karena dipecat pada Oktober.

Setelah itu, nasibnya tak kunjung membaik. Sempat ditunjuk sebagai Manajer Crystal Palace pada musim panas 2017, de Boer lagi-lagi dipecat tidak sampai kalender berganti. Ia hanya menangani The Eagles dalam waktu 10 pekan saja.

De Boer sempat menganggur sebelum ditunjuk sebagai pelatih Atlanta United di Liga Amerika Serikat pada Desember 2018. Namun, pada Juli 2020, ia dicopot dari jabatannya. Kini, Frank de Boer coba memperbaiki nasib bersama Timnas Belanda.

Sebelum menjadi pelatih kepala, Frank de Boer pernah bertugas sebagai asisten pelatih bagi Bert van Marwijk di Piala Dunia 2010. Seperti diketahui, Timnas Belanda mampu melaju hingga final, tetapi kalah dari Spanyol di Afrika Selatan.

Sejumlah nama sempat masuk sebagai kandidat, seperti Peter Bosz dan Frank Rijkaard. Namun, KNVB lebih percaya pada Frank de Boer.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini