Man United dalam Ancaman Liverpool

Andika Pratama, Jurnalis · Kamis 24 September 2020 09:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 24 45 2282761 man-united-dalam-ancaman-liverpool-iHwDk9E36F.jpg Man United (Foto: Twitter/@ManUtd)

MANCHESTER – Liverpool telah meraih gelar juara Liga Inggris ke-19 pada musim 2019-2020. Keberhasilan Liverpool membuat legenda Manchester United, Dimitar Berbatov, takut rekor klubnya akan dilewati.

Man United merupakan klub dengan koleksi trofi Liga Inggris terbanyak, yakni 20. Liverpool yang merupakan rival abadi Man United, sebelumnya ada di posisi kedua dengan koleksi 18 trofi. Akan tetapi, Liverpool kini hanya tertinggal satu trofi dari Man United.

Liverpool (Foto: Premier League)

Berbatov awalnya mengira Liverpool butuh waktu lebiih lama untuk menambah koleksi trofi Liga Inggris mereka. Sebab, Liverpool kerap kurang beruntung ketika tampil di kompetisi terelite di dunia itu.

Setelah format baru digunakan pada musim 1992-1993, Man United merajai Liga Inggris dengan meraih 13 trofi. Man United mendapatkan trofi ke-20 pada musim 2012-2013, yang merupakan tahun terakhir Sir Alex Ferguson sebagai Manajer The Red Devils –julukan Man United.

BACA JUGA: Fletcher Tangkap Sinyal Lingard Ingin Meninggalkan Man United

Beberapa juru taktik setelah Ferguson gagal unjuk gigi sehingga performa Man United pun menurun. Liverpool sebaliknya justru bangkit saat Man United terpuruk.

Tanda-tanda kebangkitan Liverpool sudah terlihat sejak kedatangan Jurgen Klopp pada 8 Oktober 2015. Klopp perlahan-lahan mengubah Liverpool, baik permainan maupun mental.

Klopp memimpin Liverpool meraih tiga trofi bergengsi (Liga Champions 2018-2019, Piala Super Eropa 2019 dan Piala Dunia Klub 2019) sebelum menjuarai Liga Inggris untuk pertama kali dalam 30 tahun terakhir. The Reds belum menunjukkan tanda-tanda penurunan, sehingga Berbatov ragu rekor Man United akan bertahan lama.

“Ketika saya menjadi pemain di Old Trafford, kami pikir kesuksesan Man United akan berlangsung selamanya. Liverpool sekarang hampir mendekati rekor Man United, dan saya yakin mereka akan senang menyamai itu,” ujar Berbatov, menyadur dari Sportskeeda, Kamis (24/9/2020).

BACA JUGA: Legenda Arsenal Sarankan Man United Urus Lini Belakang Dibanding Buru Sancho

Liverpool memulai kampanyenya di Liga Inggris 2020-2021 dengan baik. The Reds meraih dua kemenangan beruntun. Kemenangan teranyar Liverpool terjadi ketika menang 2-0 atas Chelsea di Stamford Bridge.

Sementara itu, Man United justru memulai Liga Inggris dengan kekalahan 1-3 dari Crystal Palace. Kekalahan itu sangat memalukan karena terjadi di Old Trafford. The Red Devils sejatinya mulai bangkit dari keterpurukan, tetapi butuh beberapa pemain baru untuk meningkatkan kualitas permainan secara keseluruhan. Jika Donny van de Beek adalah pembelian pertama dan terakhir Man United, sulit bagi mereka menyaingi Liverpool di Liga Inggris.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini