5 Klub Eropa dengan Gelar Domestik Terbanyak, Nomor 1 Tembus 54 Trofi

Bagas Abdiel, Jurnalis · Rabu 23 September 2020 13:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 23 51 2282375 5-klub-eropa-dengan-gelar-domestik-terbanyak-nomor-1-tembus-54-trofi-jGqHM48NCJ.jpg Glasgow Rangers (Foto: Twitter/@RangersFC)

SETIAP kompetisi sepakbola liga domestik selalu memiliki klub yang tampil dominan. Jika menilik ke Liga Italia dan Jerman, ada beberapa tim yang selalu menguasai jalannya kompetisi domestik dengan mendulang berbagai gelar.

Musim lalu, Juventus berhasil memenangkan Liga Italia kesembilan secara berturut-turut. Itu pun merupakan gelar ke-36 mereka di ajang Liga Italia. Lalu ada Bayern Munich yang meraih gelar Liga Jerman kedelapan secara beruntun.

Kedua tim tersebut unggul memang telah menunjukkan dominasinya di kompetisi domestik. Tetapi, apakah Juventus dan Bayern termasuk dalam lima klub di Eropa yang memiliki gelar terbanyak di liga domestik? Mari kita cari tahu.

5. Benfica – Portugal

Pada urutan kelima ada nama Benfica. Klub asal Portugal ini telah memiliki gelar domestik yang mampu melampaui catatan Juventus. Mereka tercatat telah memenangkan gelar Liga Portugal ke-37 mereka pada 2018-2019.

Meski musim lalu, Benfica gagal merebut gelar liga Portugal, tetapi klub berjuluk The Eagles itu masih menjadi tim paling dominan. Benfica memenangkan enam gelar liga selama 2010-an, unggul dua trofi dari rival utama mereka yakni Porto.

Benfica

4. Olympiakos – Yunani

Pada musim lalu, Olympacos berhasil memenangkan gelar Liga Yunani yang ke-45. Ini menambah daftar panjang rekor mereka setelah absen dari podium pemenang selama dua musim. Salah satu catatan terbaik Olympiacos terjadi pada 2011 hingga 2017, ketika mereka menjuarai Liga Yunani secara beruntun.

Catatan 45 trofi membuat Olympiakos juga tampil begitu dominan di ajang Liga Yunani. Mereka unggul enam gelar dari lima tim lain di Yunani yang telah memenangkan kompetisi tersebut.

Olympiakos

3. Celtic – Skotlandia

Pada musim 2018-2019, Celtic berhasil mengangkat gelar liga mereka yang ke-50 di Liga Skotlandia. Akan tetapi, pada musim lalu, Celtic kembali memperpanjang rekor dengan memenangkan gelar Liga Skotlandia yang ke-51.

Meski sering bersaing ketat dengan Rangers, Celtic berhasil menguasai Liga Skotlandia dengan meraih sembilan gelar secara beruntun. Dominasi tersebut membuat Celtic mampu menyamai catatan Juventus dengan rekor kemenangan liga berturut-turut terlama di Eropa.

Celtic

2. T1 Linfield – Irlandia Utara

Pada musim 2018-2019, Linfield berhasil menunjukkan dominasinya dengan meraih gelar ke-53 mereka di Liga Irlandia Utara. Tetapi, pada musim lalu, Linfield kembali memperpanjang rekor mereka dengan mengoleksi gelar ke-54.

Jumlah gelar tersebut tentu sangat spektakuler dan merupakan yang terbanyak di antara klub Eropa. Meski negara mereka terkadang tidak terlalu menonjol dalam hal olahraga, tetapi Linfield telah mengangkat Irlandia Utara di Eropa dalam hal jumlah gelar terbanyak.

T1 Linfield

1. Rangers – Skotlandia

Raksasa lain dari sepakbola Skotlandia bernama Rangers. Terakhir mereka memenangkan gelar Liga Skotlandia adalah pada 2010-2011. Akan tetapi, pada musim tersebut, Rangers berhasil mengoleksi gelar mereka yang ke-54.

Meski telah lama merasakan gelar, nyatanya Rangers masih menjadi yang teratas dalam mengumpulkan gelar terbanyak di liga domestik. Kini, dengan hadirnya legenda Liverpool yakni Steven Gerrard, Rangers diharapkan bisa membawa kejayaan Rangers telah lama hilang dan selama ini selalu dikuasai oleh Celtics.

Glasgow Rangers

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini