Lulus Ujian Bahasa Italia, Luis Suarez Segera Merapat ke Juventus?

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Jum'at 18 September 2020 00:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 17 51 2279658 lulus-ujian-bahasa-italia-luis-suarez-segera-merapat-ke-juventus-YnpdyR3TXZ.jpg Luis Suarez berlatih di Ciutat Joan Gamper (Foto: Barcelona)

PERUGIA – Penyerang Barcelona, Luis Suarez, berhasil lulus dalam ujian bahasa sebagai syarat untuk mendapatkan paspor Italia di Perugia, Kamis 17 September 2020 malam WIB. Situasi itu kembali memanaskan rumor transfer sang pemain menuju Juventus.

Seperti diketahui, nama Luis Suarez sudah dikaitkan dengan Juventus sepanjang bursa transfer musim panas 2020 dibuka. Pemain berjuluk El Pistolero itu juga sudah diberi tahu oleh pelatih anyar Barcelona, Ronald Koeman, tidak memiliki tempat di skuad.

Si Nyonya Tua lantas mencoba mendekati Luis Suarez. Namun, mereka terganjal aturan yang berlaku di Liga Italia, yakni maksimal memiliki tiga orang pemain berpaspor non Uni Eropa (UE). Hingga kini, pemain berusia 33 tahun itu masih memegang paspor Uruguay saja.

Baca juga: Kans Luis Suarez Tinggalkan Barcelona Masih Terbuka Lebar

Luis Suarez dikabarkan akan tinggalkan Barcelona (Foto: Barcelona)

Rencana Juventus terancam berantakan hingga kabar baik tiba pada Kamis 17 September 2020. Dilansir dari Football Italia, Jumat (18/9/2020), Luis Suarez terbang ke Perugia, Italia, untuk mengikuti ujian Bahasa Italia B-1, sebagai syarat mendapatkan paspor.

Kendati berkewarganegaraan Uruguay, Luis Suarez bisa mengajukan permohonan mendapat paspor Italia berkat sang istri, Sofia Balbi. Sebab, pasangan hidupnya itu memiliki keturunan Italia. Eks pemain Liverpool itu lantas menjalani ujian tertulis dan berbicara untuk Bahasa Italia selama 1 jam.

Tak lama kemudian, Luis Suarez meninggalkan tempat ujian dengan membawa sebuah tabung yang berisi sertifikat diploma. Namun, belum diketahui berapa lama lagi pria kelahiran Salto itu akan mendapatkan paspor Italia setelah lulus ujian.

Pun begitu, situasi tersebut kembali memanaskan isu transfer Luis Suarez ke Juventus. Bianconeri dikabarkan sudah sepakat dengan Barcelona untuk memboyong sang pemain dengan harga 1,5 juta Euro (setara Rp26,3 miliar). Banderol tersebut sangat murah karena kontraknya hanya tersisa semusim lagi.

Dengan harga murah tersebut, Juventus mendapatkan seorang penyerang haus gol dengan catatan 198 gol dan 109 assist dalam 238 bersama Barcelona sejak 2014. Musim lalu, Luis Suarez masih mampu mengukir 21 gol dan 12 assist dalam 36 pertandingan, kendati harus menepi lama akibat cedera.

Juventus tentu berharap proses Luis Suarez mendapatkan paspor Italia bisa lebih cepat. Sebab, mereka tengah membutuhkan seorang penyerang tengah. Belum lama ini, kampiun Liga Italia 2019-2020 itu melepas Gonzalo Higuain secara gratis ke Inter Miami.

Kepergian El Pipita memaksa Manajemen Juventus berburu striker baru. Mereka sebetulnya punya penyerang murni dalam diri Moise Kean yang kembali dari masa peminjaman di Everton. Namun, pria berkebangsaan Italia itu masih terlalu muda untuk memikul beban berat sebagai juru gedor utama.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini