Duet Salah-Mane Mirip dengan Ronaldo-Rooney

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 15 September 2020 13:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 15 45 2278017 duet-salah-mane-mirip-dengan-ronaldo-rooney-cRfyO5TjJn.jpg Sadio Mane kerap berkorban untuk Mohamed Salah (Foto: Premier League)

MANCHESTER – Penampilan gemilang ditunjukkan Mohamed Salah saat membawa Liverpool menang tipis 4-3 atas Leeds United, Sabtu 12 September 2020 malam WIB. Legenda Manchester United, Gary Neville, melontarkan pujian kepada The Egyptian King yang dianggap mirip dengan Cristiano Ronaldo.

Sejak tiba dari AS Roma pada musim panas 2017, Mo Salah berhasil menjadi juru gedor utama Liverpool, terutama di Liga Inggris. Pria berusia 28 tahun tercatat mengemas 78 gol dan 29 assist dalam 122 penampilan. Menurut Gary Neville, kehebatan itu tidak terlepas dari peran seorang Sadio Mane.

Pemain asal Senegal itu mampu meredam egonya sebagai salah satu penyerang subur demi membantu Mo Salah. Dalam beberapa kesempatan, pemain berkebangsaan Mesir itu terlihat egois kendati ada rekan setim yang dalam posisi bebas untuk mencetak gol.

Baca juga: 5 Calon Pengganti Mohamed Salah di Liverpool, Nomor 1 Paling Ganas

Duet Cristiano Ronaldo dan Wayne Rooney (Foto: Man United)

Bagi Gary Neville, hal tersebut terasa wajar. Sebab, sama seperti Ronaldo, Salah pasti berpikir untuk menjadi seorang pemain terbaik di dunia. Sementara itu, Sadio Mane sama seperti Wayne Rooney dahulu, yakni berjuang keras untuk kebaikan tim.

“Kita berdebat musim lalu tentang siapa lebih baik antara Salah dan Mane. Para pemain menyukai Mane, dia sering melakukan hal-hal yang tidak egois untuk tim. Salah beberapa kali tidak mengoper bola, sedikit egois, dan tidak terlalu disukai,” papar Gary Neville, dikutip dari Daily Mail, Selasa (15/9/2020).

“Itu sedikit mengingatkan saya kepada Ronaldo dan Rooney. Sepertinya, Salah akan sedikit lebih baik di atas Mane. Alasan orang-orang ini berbeda adalah karena mereka berpikir untuk menjadi pemain terbaik di dunia. Sementara Mane atau Rooney, mereka berjuang untuk tim,” imbuh pria asal Inggris itu.

Perkataan Gary Neville tidak sepenuhnya salah. Dilihat dari total gol, Mo Salah jauh lebih unggul ketimbang Sadio Mane. Salah sudah mengukir 97 gol dan 41 assist dalam 154 penampilan buat Liverpool. Sementara Sadio Mane baru mencetak 81 gol dan 34 assist dalam 172 kali tampil.

Walau terkesan bersaing di atas lapangan, baik Salah mau pun Mane saling bahu membahu membawa Liverpool berjaya. Kolaborasi keduanya, ditambah Roberto Firmino, berhasil membentuk trisula maut di lini serang klub asuhan Jurgen Klopp.

Ketiganya menjadi kunci permainan Liverpool sejak 2017-2018 sehingga mampu membawa pulang trofi Liga Champions 2018-2019 dan Liga Inggris 2019-2020. Kesediaan berkorban dari Mane dan Firmino terbukti memberi berkah bagi Liverpool.

Kini, ketiganya memasuki musim keempat bermain bersama di lini depan Liverpool. Mo Salah sudah membuka rekening gol pada musim ini dengan hattrick ke gawang Leeds United. Sementara Mane dan Firmino belum bikin gol mau pun assist.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini