Klopp dan Guardiola Pergi, Man United Juara Liga Inggris

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin 14 September 2020 14:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 14 45 2277485 klopp-dan-guardiola-pergi-man-united-juara-liga-inggris-DOdBjVayEU.jpg Man United belum akan juara Liga Inggris (Foto: Premier League)

MANCHESTER – Legenda Manchester United, Gary Neville, yakin klubnya bisa kembali juara Liga Inggris. Akan tetapi, butuh sebuah perubahan untuk itu. Perubahan itu bukan terjadi di internal Man United, melainkan klub lain, yakni kepergian Pep Guardiola dan Jurgen Klopp.

Sejak musim 2017-2018, gelar juara Liga Inggris menjadi rebutan antara Man City yang diasuh Pep Guardiola dengan Liverpool arahan Jurgen Klopp. Man United sempat menyeruak pada akhir musim 2017-2018 sebagai runner-up di belakang The Citizens.

Itu adalah finis terdekat Man United dengan tangga juara sepeninggal Sir Alex Ferguson pada 2013. Dalam tujuh musim terakhir, Man United bahkan empat kali terlempar dari empat besar. Hal itu menandakan kemunduran yang dialami klub yang bermukim di Stadion Old Trafford tersebut.

Baca juga: Sulit Rekrut Sancho, Man United Jadikan Perisic sebagai Alternatif

Jurgen Klopp dan Pep Guardiola (Foto: Premier League)

Kedatangan Ole Gunnar Solskjaer pada Desember 2018 serta pembelian yang tepat pada dua bursa transfer terakhir melambungkan harapan Man United. Gary Neville sendiri yakin, cepat atau lambat Man United akan kembali juara Liga Inggris, tetapi Klopp dan Guardiola harus terlebih dahulu pergi.

“Satu hal yang bisa saya garansi adalah Man United akan juara lagi. Mungkin bukan musim ini atau musim depan, tetapi itu akan terasa menakjubkan ketika mereka juara. Semakin lama proses pembangunan, semakin terasa hebat ketika berhasil juara lagi,” papar Gary Neville, dikutip dari Goal, Senin (14/9/2020).

“Saya tidak berbicara sebagai penggemar United dan berpikir mereka harus menang musim ini. Ya, saya akan menyukainya. Namun, Anda harus tahu kapan waktunya, dan sekarang belum. Mungkin nanti, ketika Guardiola dan Klopp meninggalkan klub masing-masing, semoga dalam waktu dekat!” tutup pria berkebangsaan Inggris itu.

Harapan Gary Neville boleh jadi bakal terwujud dalam waktu dekat, jika tidak ada perubahan. Sebab, belum ada tanda-tanda kedua pelatih tersebut bakal memperpanjang kontrak yang sedang berlaku saat ini.

Pep Guardiola masih terikat kontrak dengan Man City hingga 30 Juni 2021. Sedangkan Jurgen Klopp masih akan berada di Stadion Anfield hingga 30 Juni 2022. Andai tidak diperpanjang, sesuai harapan Gary Neville, kedua pelatih tidak akan berada di Inggris pada musim 2022-2023.

“Hanya itu kesempatan kami karena mereka adalah dua pelatih luar biasa yang membangun tim dengan sangat bagus. Namun, mereka akan pergi dalam satu, dua, atau bahkan tiga tahun. Itu adalah titik di mana Man United dapat kembali,” tutup pria berusia 45 tahun itu.

Kalau sudah demikian, penggemar Man United perlu bersabar menanti klub kesayangannya kembali menjadi juara di Liga Inggris. Jika tidak ingin demikian, Manajemen Setan Merah harus terus mendukung kebijakan Ole Gunnar Solskjaer, terutama dalam mendatangkan pemain-pemain incaran.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini