Top Skor Sepanjang Masa Liga Inggris Didominasi Nama Lokal, Berjaya di Negeri Sendiri

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 11 September 2020 19:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 11 45 2276409 top-skor-sepanjang-masa-liga-inggris-didominasi-nama-lokal-berjaya-di-negeri-sendiri-4reI2UQlHZ.jpg Rooney, runner-up top skor sepanjang masa Liga Inggris. (Foto: Twitter/@waynerooney)

LIGA Inggris merupakan gudangnya pemain-pemain top. Pesepakbola berkualitas dari berbagai negara beradu sikut demi memberikan hasil terbaik kepada klub masing-masing.

Meski pernah dijajal pesepakbola top macam Cristiano Ronaldo, Didier Drogba hingga Thierry Henry, namun bukan nama-nama di atas yang berstatus sebagai top skor Liga Inggris. Ternyata, pemain-pemain lokal lebih piawai mencari celah untuk merobek gawang lawan.

Terbukti saat ini penghuni tiga teratas pencetak gol terbanyak Liga Inggris diisi pemain-pemain lokal. Mereka ialah Alan Shearer, Wayne Rooney dan Andy Cole.

Alan Shearer

(Alan Sharer, top skor sepanjang masa Liga Inggris)

Shearer tercatat mengoleksi 260 gol dari 441 pertandingan, disusul Rooney (208 gol) dan Andy Cole (187 gol). Di antara tiga kompetisi elite Eropa yakni Liga Inggris, Italia dan Spanyol, cuma Inggris yang mengirimkan nama lokal di urutan tiga teratas pencetak gol terbanyak.

Bagaimana dengan Liga Spanyol? Penghuni posisi satu dan dua dihuni nama asing. Nomor satu ditempati pesepakbola asal Argentina, Lionel Messi, yang mengoleksi 444 gol.

BACA JUGA: Hadapi Liverpool di Anfield, Leeds Tahu Akan Sulit Curi Poin

Kemudian, di posisi dua ada Cristiano Ronaldo yang mengemas 311 gol. Baru di tempat ketiga ada nama pesepakbola legenda Athletic Bilbao asal Spanyol, Telmo Zarra, yang mengemas 251 bola.

Sementara di Liga Italia, posisi satu dan dua memang diisi nama lokal, namun tidak dengan pengisi nomor tiga. Nomor satu ditempati Silvio Piola dengan 274 gol, diikuti Francesco Totti (250).

Totti

(Totti, runner-up top skor sepanjang masa Liga Italia)

Baru di tempat ketiga ada nama Gunnar Nordahl yang mengemas 225 gol. Hebatnya, penyerang asal Swedia itu mengoleksi 225 gol hanya dari 291 pertandingan.

Peluang pemain-pemain lokal Inggris menyeruak ke papan atas pencetak gol terbanyak Liga Inggris juga cukup besar. Sebab, Inggris saat ini memiliki pemain-pemain top seperti Mason Greenwood, Marcus Rashford hingga pemain yang akrab dengan gelar top skor, Harry Kane.

Untuk Kane, sejauh ini ia sudah mengemas 143 gol hanya dari 210 pertandingan Liga Inggris. Berhubung masih berusia 27 tahun, ada peluang bagi kapten Timnas Inggris itu untuk mengejar perolehan gol Alan Shearer.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini