Tembus Final Liga Champions 2019-2020 Adalah Bukti Kekuatan Mental PSG

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Jum'at 21 Agustus 2020 08:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 21 261 2265217 tembus-final-liga-champions-2019-2020-adalah-bukti-kekuatan-mental-psg-KiUm9rTt7Z.jpg Pemain PSG melakukan selebrasi (Foto: Laman resmi PSG)

LISBON – Paris Saint-Germain (PSG) sukses menembus partai final Liga Champions 2019-2020 dan akan berhadapan dengan Bayern Munich. Kepastian ini didapat setelah PSG memetik kemenangan dengan skor telak 3-0 atas RB Leipzig di babak semifinal.

Kapten PSG, Thiago Silva, menerangkan pencapaian yang diperoleh PSG ini tidaklah didapat dengan mudah. Menurutnya, PSG telah menjalani ujian mental yang luar biasa untuk bisa tampil di partai puncak.

Meski selama hampir satu dekade terakhir PSG menjelma menjadi klub kaya raya dan berisikan para pemain top, namun mereka selalu gagal meraih kejayaan di pentas Eropa. Sebagaimana yang terjadi dalam tiga musim terakhir, di mana Les Parisiens selalu tersingkir pada babak 16 besar.

Baca juga: Hadapi PSG, Coman Ingatkan Bayern soal Bahayanya Mbappe

PSG

Silva tak memungkiri bahwa bayangan bakal tersingkir lagi di babak 16 besar kembali menghantui mereka musim ini. Meski begitu, para pemain PSG nyatanya mampu melewati rintangan tersebut dan melaju ke babak berikutnya.

Kendati demikian, hal itu tak membuat PSG benar-benar lepas dari belenggu. Sebab, di babak perempatfinal, mereka bersua dengan tim kuda hitam yang tampil sangat luar biasa musim ini, Atalanta.

PSG sejatinya hampir disingkirkan oleh Atalanta. Karena Les Parisiens tertinggal 0-1 dan kesulitan untuk membalikkan keadaan. Beruntung pada menit ke-90 dan masa injury time Marquinhos dan Choupo-Moting mampu mencetak gol, sehingga PSG bisa berbalik unggul dan memenangkan laga.

Menurut Silva, jika ia dan rekan-rekannya tak memiliki mental yang kuat, maka pasti PSG sudah tersingkir di tangan Atalanta tersebut. Maka dari itu, kini para pemain PSG menyambut datangnya partai final dengan kepala tegak dan penuh kebanggaan.

“Cukup menggetarkan, karena di musim-musim sebelumnya kami tersingkir di babak 16 besar selama tiga kali berturut-turut, dan kemudian di perempatfinal Anda menghadapi tim yang kuat dalam pertahanan dan kami bangkit dari ketertinggalan untuk menang,” terang Silva, mengutip dari laman resmi PSG, Jumat (21/8/2020).

“Itu (saat tertinggal dari Atalanta) seperti Anda melihat film diputar di kepala Anda, 'Apakah itu akan terjadi lagi?' Di momen-momen itu, Anda harus kuat secara mental, seperti yang selalu ditekankan Tite di timnas (Brasil). Kita harus kuat secara mental, dan membayangkan hasil yang (benar) dan kemenangan. Mencapai final adalah impian lama kami,” tegasnya.

Ini adalah pertama kalinya sepanjang sejarah klub PSG tampil di laga final Liga Champions. PSG pun kini memiliki kesempatan untuk mengukir sejarah baru dengan menjadi tim pertama yang mempu meraih quadruple winner. Sebab, di musim 2019-2020 PSG telah menjuarai Liga Prancis, Piala Prancis, dan Piala Liga Prancis.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini