PSSI Dukung dan Hormati Penundaan Kualifikasi Piala Dunia 2022

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Rabu 12 Agustus 2020 20:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 12 51 2261286 pssi-dukung-dan-hormati-penundaan-kualifikasi-piala-dunia-2022-oQGoMwzRAu.jpg Timnas Indonesia saat sedang latihan. (Foto: PSSI)

JAKARTA – Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan memastikan mendukung dan menghormati keputusan terkait ditundanya kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Iriawan bahkan sangat menghormati pilihan yang sudah diambil oleh Federasi Sepakbola Asia (AFC) tersebut.

Dalam pernyataann resminya, pihak AFC memutuskan untuk menunda kembali babak kedua dari kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Jadi, yang seharusnya pertandingan-pertandingan kualifikasi digelar pada Oktober dan November 2020 nanti, akan diundur sampai tahun depan alias pada 2021.

“Mengingat situasi COVID-19 saat ini di banyak negara, FIFA, dan AFC telah sepakat untuk memutuskan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia dan Piala Asia 2023, yang awalnya dijadwalkan pada Oktober-November 2020, akan dijadwalkan ulang pada 2021,” bunyi pernyataan AFC di laman resmi mereka, Rabu (12/8/2020).

Baca Juga: Kiprah Apik Shin Tae-yong Bersama Korsel U-20, Berlanjut di Timnas Indonesia?

Shin Tae-yong saat melatih Timnas Indonesia

Tentunya tujuan ditundanya kualifikasi itu karena AFC memikirkan kesehatan para pemain dan juga orang-orang yang terlibat di ajang tersebut. Wabah virus corona seperti yang diketahui telah membuat semua kegiatan olahraga, termasuk sepakbola tidak bisa berjalan seperti biasanya.

Kendati begitu, pihak AFC memastikan akan terus memantau situasi yang ada untuk melihat kapan waktu terbaik untuk melanjutkan beberapa kompetisi yang sudah ditunda. Jadi, jika memang keadaan sudah benar-benar aman, barulah kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia akan digelar kembali.

“Dengan tujuan melindungi kesehatan dan keselamatan semua peserta, FIFA dan AFC akan terus bekerja sama untuk memantau secara dekat situasi di negara peserta dan mengidentifikasi tanggal baru untuk masing-masing pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023,” tambah keterangan resmi dari AFC.

Kabar penundaan kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia itu jelas sedikit membuat jadwal latihan Tim Nasional (Timnas) Indonesia jadi berantakan. Meski memang Timnas Indonesia sudah dipastikan tidak akan lolos ke babak berikutnya, namun tentu skuad asuhan Shin Tae-yong tetap ingin mengakhiri kompetisi itu dengan baik.

Meski akhirnya harus mengubah jadwal latihan Timnas Indonesia, namun Iriawan memastikan akan tetap mendukung keputusan tersebut. Harapan Iriawan hanya satu, semoga penundaan tersebut tak mematahkan semangat para penggawa Timnas Indonesia.

Ketum PSSI, Mochamad Iriawan bersama Shin Tae-yong

“PSSI mendukung keputusan FIFA dan AFC terkait penundaan pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022. Dengan ini tentunya tim pelatih akan mengubah program latihan, apalagi Piala AFF 2020 juga telah ditunda. Kami berharap pemain tetap semangat dan berlatih terus untuk memberikan yang terbaik untuk timnas Indonesia,” ungkap Iriawan yang dikutip dari laman resmi PSSI.

Saat ini, tiga timnas Indonesia (Senior, U-19, dan U-16) melakoni pemusatan latihan (TC) di Jakarta dan Bekasi. Dua timnas (Senior dan U-19) dibawah komando pelatih Shin Tae-yong dan timnas U-16 dipimpin Bima Sakti.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini