5 Stadion Terbesar di Indonesia, Nomor 2 Terletak di Samarinda

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Sabtu 08 Agustus 2020 12:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 08 51 2258971 5-stadion-terbesar-di-indonesia-nomor-2-terletak-di-samarinda-Y4IDz0PWJj.jpeg Stadion Utama Gelora Bung Karno (Foto: Rivan Nasri/Okezone)

INDONESIA merupakan negara dengan kultur sepakbola yang sangat kental. Tak mengherankan jika hampir seluruh masyarakat Indonesia menyukai olahraga sepakbola. Meskipun, prestasi Timnas Indonesia masih belum bisa memenuhi harapan.

Hampir di seluruh wilayah di Indonesia memiliki stadion kebanggaan masing-masing. Berikut ini adalah lima stadion terbesar yang ada di Indonesia.

5. Stadion Gelora Sriwijaya

Stadion Gelora Sriwijaya

Stadion Gelora Sriwijaya berada di dalam kompleks olahraga Jakabaring. Oleh karena itu, stadion ini lebih dikenal dengan Stadion Jakabaring. Stadion Gelora Sriwijaya memiliki kapasitas 40 ribu tempat duduk.

Bentuk stadion mengadopsi bentuk perahu. Bentuk dipakai sebagai simbol kejayaan Kerajaan Sriwijaya sebagai kerajaan maritim terbesar yang pernah ada di nusantara.

Stadion Gelora Sriwijaya Palembang mulai dibangun pada 1 Januari 2001. Dan sering digunakan untuk perhelatan internasional. Pada 2007, stadion digunakan untuk avenu Piala Asia. pada 2011 tempat puncak perhelatan Sea Games 2011, dan pada 2018, bersama SUGBK menjadi tuan rumah Asian Games.

4. Stadion Jatidiri

Stadion Jatidiri

Stadion Jatidiri terletak di Semarang, Jawa Tengah. Stadion ini mulai menjalani renovasi pada 2016 dan selesai 2020. Kini, Stadion Jatidiri memiliki kepasitas untuk menampung 45 ribu penonton.

Renovasi terdiri dari drainase dan lapangannya, tribun, atap, dan fasilitas penunjang lain yang nantinya akan menjadi stadion internasional. Renovasi juga akan menyeluruh termasuk GOR, kolam renang, wisma atlet, dan sebagainya.

3. Stadion Gelora Bung Tomo

Stadion Gelora Bung Karno

Stadion Gelora Bung Tomo merupakan kandang klub Persebaya dan mampu menampung 50 ribu penonton. Stadion ini merupakan bagian dari kompleks olahraga Surabaya Sports Center.

Stadion mulai dibuka pada 6 Agustus 2010. Saat ini stadion dalam tahap renovasi untuk menyambut Piala Dunia U-20 2021.

Nantinya kursi stadion akan menggunakan single seat sesuai standar FIFA. Akses jaan menuju stadion juga sedang dikerjakan. Stadion juga sedang mengganti rumput sesuai standar internasional.

2. Stadion Palaran

Stadion Palaran

Stadion Palaran merupakan stadion serbaguna di Kota Samarinda yang merupakan bagian dari kompleks olahraga Stadion Utama Kaltim. Stadion ini dibangun oleh Pemerintah Provinsi Kaltim untuk menghadapi PON XVII dan diresmikan penggunaannya pada tanggal 18 Juni 2008.

Stadion ini merupakan yang terbesar kedua di Indonesia karena mampu menampung penonton hingga 65 ribu orang.

1. Stadion Utama Gelora Bung Karno

Stadion Utama Gelora Bung Karno

Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) terletak di Jakarta. Setelah dilakukan renovasi, stadion ini memiliki kapasitas hingga 77.193. Kapasitas SUGBK sebelumnya lebih banyak daripada itu. Saat pertama kali diresmikan pada 1962, SUGBK memiliki kapasitas sampai 120.000.

Akan tetapi, kapasitas SUGBK dikurangi seiring beberapa renovasi yang dilakukan. Teranyar, SUGBK direnovasi pada 2016-2017 untuk gelaran Asian Games 2018.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini