Data 10 Tahun Terakhir Tunjukkan Messi Lebih Hebat ketimbang Cristiano Ronaldo, Setuju?

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 05 Agustus 2020 11:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 05 51 2257172 data-10-tahun-terakhir-tunjukkan-messi-lebih-hebat-ketimbang-cristiano-ronaldo-setuju-LrQHIgeeab.jpg Cristiano Ronaldo dan Messi tak pernah lepas dari persaingan. (Foto: Diario AS)

SEJAK 2008, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo bersaing memperebutkan status pemain terbaik dunia. Dalam kurun tersebut, Messi enam kali menjadi yang terbaik di dunia, sedangkan Cristiano Ronaldo lima kali menyabet status terbaik.

Kondisi itu membuat fans Messi dan Ronaldo terpecah. Fans garis keras La Pulga –julukan Messi– menyebut sang pemain pujaan sebagai pesepakbola terbaik saat ini. Hal yang sama juga diutarakan suporter Cristiano Ronaldo.

Cristiano Ronaldo

Namun, jika acuannya data statistik, sebenarnya lebih hebat mana antara Messi dan Ronaldo? Salah satu laman yang fokus kepada data statistik, yakni Whoscored, pun menghitung rating Messi dan Ronaldo dalam sembilan tahun terakhir.

Dihitung dari 2011-2012, Messi hampir selalu mengungguli Ronaldo! Hanya satu kali Messi gagal mengalahkan Ronaldo, tepatnya pada 2013-2014.

Di musim tersebut rating yang dikeluarkan Whoscored menunjukkan Ronaldo dan Messi setara, yakni 8,3. Saat itu sebenarnya Ronaldo jauh lebih unggul ketimbang Messi perihal jumlah gol dan assist.

BACA JUGA: Conte Tidak Akan Menyukai Messi di Inter

Dari 47 pertandingan bersama Real Madrid, Ronaldo mengoleksi 51 gol dan 17 assist. Sementara Messi mencetak 41 gol dan 14 assist dari 46 pertandingan di semua kompetisi.

Bagaimana dengan musim ini? Secara rating, Messi masih lebih unggul ketimbang Ronaldo. Messi mendapatkan 8,6, sedangkan Cristiano Ronaldo Cuma 7,9.

Lionel Messi

(Messi saat dikerubungi pemain-pemain Espanyol)

Lebih tingginya rating Messi ketimbang Ronaldo sebenarnya tidak mengherankan. Sebab, secara kontribusi gol di musim ini, Messi jauh mengungguli Ronaldo.

Messi tercatat mencetak 30 gol dan 26 assist, jika dikalkulasi mencapai 56 buah. Bagaimana dengan Ronaldo? Pesepakbola berpaspor Portugal itu mengemas 35 gol dan tujuh assist. Jika dikalukasi, hanya menyentuh 42 buah saja.

Meski begitu, Ronaldo masih bisa memperbaiki rating-nya. Hal itu karena baik Messi dan Ronaldo masih berjuang bersama klub masing-masing di ajang Liga Champions 2019-2020.

Berikut perbandingan rating Messi dan Ronaldo sejak 2011-2012:

 Messi vs Ronaldo

(Foto: The Sun)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini