3 Mantan Pemain Persija yang Putuskan Jadi Mualaf, Siapa Saja?

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 31 Juli 2020 10:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 31 49 2254956 3-mantan-pemain-persija-yang-putuskan-jadi-mualaf-siapa-saja-aSOGYsZ7ps.jpg Silvio Escobar (kanan) saat membela Persija Jakarta. (Foto: Laman resmi Persija Jakarta)

SEJUMLAH pesepakbola top Eropa memilih menjadi mualaf, sebut saja Franck Ribery, Paul Pogba hingga Nicolas Anelka. Kala itu, mereka memilih menjadi mualaf karena mendapatkan ketenangan ketika mempelajari lebih dalam perihal agama Islam.

Ternyata, bukan hanya pemain-pemain top Eropa yang memutuskan masuk Islam. Sejumlah pemain asing yang pernah merumput di Liga Indonesia, tepatnya bersama Persija Jakarta juga mengucapkan dua kalimat syahadat. Siapa saja?

Berikut 3 mantan pemain Persija yang putuskan jadi mualaf:

3. Antonio Claudio

Antonio Claudio

Antonio Claudio merupakan bek andalan Persija dalam dua periode, tepatnya pada 2001-2004 dan 2005-2006. Namun, prestasi terbaik Toyo –sapaan akrab Antonio Claudio– tersaji pada 2001.

Saat itu, bek kelahiran Brasil 47 tahun lalu itu membantu Persija juara Liga Indonesia 2001 setelah di partai puncak mengalahkan PSM Makassar. Soal keputusan memilih mualaf, Antonio Claudio melakukannya pada 2000.

Semenjak berganti status, Antonio Claudio pun memiliki nama Islam. Hingga kini, nama Islam Antonio Claudio adalah Fakhruz Zaman.

2. Abanda Herman

Abanda Herman

Abanda yang berpaspor Kamerun, sempat empat musim (2006-2010) membela Persija Jakarta. Dalam kurun tersebut, bek bertinggi badan 192 sentimeter itu merupakan benteng pertahanan skuad berjuluk Macan Kemayoran.

BACA JUGA: 5 Pemain yang Putuskan Mualaf di Puncak Karier, Nomor 1 Tarik Perhatian di Piala Dunia 2006

Tekel dua kaki merupakan kelebihan bek yang pertama kali mendarat di Indonesia pada 2004 tersebut. Lantas, kapan Abanda memutuskan menjadi mualaf? Ia memutuskan menjadi mualaf pada 2013, atau ketika membela Persib Bandung.

1. Silvio Escobar

Silvio Escobar

Kiprah Silvio Escobar bersama Persija Jakarta tidaklah lama, yakni hanya sekira tiga bulan (Februari-Mei 2019). Kala itu, penyerang berpaspor Paraguay tersebut diplot manajemen Persija menggantikan Marko Simic yang sedang tersandung masalah di Australia.

Meski begitu, penyerang yang kini berstatus sebagai pemain PS TIRA-Persikabo itu, tidak memutuskan menjadi mualaf ketika membela Persija. Silvio Escobar memutuskan menjadi mualaf pada 2015.

Uniknya, Escobar sempat ragu menjadi mualaf karena takut disunat. Namun, pada akhirnya penyerang yang kini berusia 34 tahun itu memberanikan diri untuk menjalani prosesi sunat tersebut.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini