Laporan PSSI ke FIFA Terkait Kelanjutan Liga 1 2020

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Kamis 30 Juli 2020 11:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 30 49 2254373 laporan-pssi-ke-fifa-terkait-kelanjutan-liga-1-2020-biSld2kBQG.jpg Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. (Foto/PSSI)

JAKARTA – Ketua Umum Federasi Sepakbola Indonesia (PSSI), Mochamad Iriawan melaporkan kelanjutan kompetisi Liga 1 2020 kepada Federasi Sepakbola Dunia (FIFA). Hal ini disampaikannya saat melakukan rapat virtual dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino pada Rabu, 29 Juli 2020.

Pada kesempatan tersebut Iriawan menyampaikan bahwa PSSI sudah berkoordinasi dengan berbagai instansi terkait untuk kembali melanjutkan aktivitas persepakbolaan di Indonesia, termasuk kompetisi Liga 1, Liga 2 dan Liga 3.

Baca juga: 90% Pemain Arema FC Sepakat Renegosiasi Kontrak

Baca juga: Ini Cara Arema FC Cegah Penyebaran Virus Corona saat Laga Tandang

Foto/PSSI

PSSI bersama PT Liga Indonesia Baru (LIB), selaku operator Liga 1 dan Liga 2 telah menetapkan bahwa kompetisi, khususnya Liga 1 akan berlangsung pada 1 Oktober 2020 hingga 28 Februari 2021.

Kompetisi akan berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan semua laga Liga 1 2020 tidak akan dihadiri penonton. Semua pertandingan juga akan berlangsung di pulau Jawa.

Hampir semua klub peserta Liga 1 dari luar Pulau Jawa, juga telah menetapkan home base mereka di Yogyakarta.

Dari tiga stadion yang ada di Yogyakarta, Stadion Maguwoharjo di Kabupaten Sleman dan Stadion Sultan Agung di Kabupaten Bantul menjadi home base sejumlah klub.

PS Sleman, Borneo FC, dan Persiraja Banda Aceh memilih home base di Stadion Maguwoharjo, Sleman. Sementara Bali United, PSM Makassar dan Persija Jakarta telah menentukan Stadion Sultan Agung, Bantul sebagai home base mereka.

Sedangkan dua klub dari luar Jawa, yakni Barito Putera dan Persipura Jayapura belum menentukan home base.

Liga 1 sebelum dihentikan pada pertengahan Maret 2020 baru memainkan tiga laga, kecuali Persija Jakarta dan Persebaya Surabaya. Saat ini, Persib Bandung memimpin klasemen sementara Liga 2020 dengan mengumpulkan 9 poin.

Foto/Persib Bandung

Iriwan menyampaikan kepada FIFA bahwa pemerintah Indonesia juga mendukung kelanjutan Liga 1 2020 yang akan bergulir kembali.

“Kami berencana menggulirkan kembali Liga 1 pada Oktober mendatang, dan dalam hal ini pemerintah juga memberikan support yang sangat besar,” ujarnya. 

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini