Tak Punya Biaya Pulang, Tiga Pesepakbola Asal Nigeria Diamankan Imigrasi Denpasar

Aris Wiyanto, Jurnalis · Rabu 29 Juli 2020 12:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 29 49 2253839 tak-punya-biaya-pulang-tiga-pesepakbola-asal-nigeria-diamankan-imigrasi-denpasar-0Ajme13Bug.JPG Tiga WN Nigeria di Denpasar mengaku pemain sepakbola dan melanggar aturan imigrasi. (Foto/MNC Media/Aris Wiyanto

DENPASAR – Sebanyak tiga warga negara (WN) Nigeria diamankan pihak Imigrasi Denpasar, Bali karena tidak punya biaya pulang dan melanggar izin tinggal.

Ketiga WN Nigeria tersebut datang ke Indonesia untuk mengikuti seleksi klub sepakbola, namun mereka kehabisan biaya hidup sehingga tidak bisa pulang ke negara asal mereka.

Keberadaan tiga WN Nigeria diketahui lewat laporan dari masyarakat. Petugas Seksi Intelejen dan Penindakan Kantor Imigrasi Denpasar kemudian menggerebek rumah kos elite di Jalan Pura Demak, Denpasar.

Petugas kemudian mendapati tiga warga asing asal nigeria, dengan identitas Henry Ugwani, Emeka Joseph dan Ugochukwu Godzon Eze. Ketiganya tinggal dalam satu kamar kos.

Kepada petugas, ketiga WN Nigeria tersebut mengaku sebagai pemain sepakbola profesional. Saat paspor mereka diperiksa, ketiganya telah melanggar masa izin tinggal dan overstay selama 60 hari.

“Ada tiga orang warga Nigeria telah diamankan diduga melanggar Undang-Undang nomor 6 tahun 2011 pasal 78 ayat 3 tentang Keimigrasian. Mereka datang ke Indonesia mengikuti seleksi dari klub sepakbola,” ujar Humas Kakanwil Kemenkumham Bali, Putu Surya Dharma kepada Jurnalis MNC Media Aris Wiyanto, Rabu (29/7/2020).

Ketiga WN Nigeria tersebut mengaku datang ke Bali untuk mengikuti seleksi klub sepakbola, namun karena pandemi covid-19 rencana seleksi belum terlaksana. Ketiganya tidak menyebut klub sepakbola mana yang akan melakukan seleksi pemain.

Mereka akhirnya kehabisan biaya dan tak bisa pulang ke negara asalnya karena tak ada penerbangan dari Indonesia menuju Nigeria.

Mereka kini berada di rumah detensi Imigrasi dan akan di deportasi ke negara asalnya. (Fzy

(Ram)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini