Oti Essigba Nilai Liga 1 Tanpa Penonton Sudah Tepat demi Keselamatan

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Selasa 14 Juli 2020 00:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 14 49 2245915 oti-essigba-nilai-liga-1-tanpa-penonton-sudah-tepat-demi-keselamatan-LGLENLdwJk.jpg Emmanuel Oti Essigba. (Foto/Madura United)

BANGKALAN – Pemain sayap Madura United, Emmanuel Oti Essigba menilai laga Liga 1 2020 yang digelar tanpa penonton sudah tepat demi keselamatan semua orang di masa pandemi virus corona. 

Federasi Sepakbola Indonesia (PSSI) dan PT Liga Indonesia Baru (LIB), selaku operator Liga 1 2020, sudah memutuskan kelanjutan Liga 1 akan berlangsung pada 1 Oktober hingga 28 Februari 2021.

Baca juga: Mewahnya Rumah dan Mobil Greg Nwokolo

Baca juga: Pemain Madura United Berbagi Kisah Peran Penting Keluarga

Nantinya, Liga 1 2020 akan berlangsung dengan protokol kesehatan sesuai arahan pemerintah dan dihandiri tanpa penonton. Kompetisi juga akan terpusat di Jawa.

Foto/Madura United

Oti Essigba menilai keputusan PSSI dan PT LIB sudah tepat. Pasalnya, jika merujuk liga-liga di Eropa, hampir semua kompetisi digelar tanpa penonton, seperti Liga Inggris, Liga Spanyol dan Liga Italia. 

Mantan penyerang eks Tim Nasional Ghana U-17 itu menjelaskan, langkah PSSI dan PT LIB sudah sangat bagus karena kasus penularan Covid-19 di Indonesia masih tinggi. 

“Iya, saya sudah mendengar kalau nanti pertandingan tanpa suporter. Ini sama dengan kompetisi-kompeisi di Eropa, Liga Inggris, Spanyol, dan yang lain tanpa suporter. Jadi, saya pikir memang seharusnya seperti ini demi keselamatan semua,” kata Oti mengutip laman Madura United, Senin (13/7/2020). 

Namun, Oti menyampaikan bahwa pertandingan yang digelar tanpa penonton akan terasa berbeda. Pasalnya, dukungan suporter merupakan semangat bagi para pemain Madura United. 

“Memang akan tidak seperti biasanya ya, nanti tidak akan ada suporter. Tentu tidak akan begitu menyenangkan kepada kami. Karena suporter itu memotivasi, membuat kami lebih berjuang. Mereka datang langsung ke stadion bernyanyi, menari. Senang bersama dan sedih bersama juga,” lanjut dia. 

Meski begitu, Oti sangat senang karena Liga 1 2020 kembali dilanjutkan. Sebab Oti merasa sangat bosan tidak bisa merumput sejak liga dihentikan pada pertengahan Maret 2020 lalu. 

“Saya pemain sepakbola, tanpa sepakbola itu menyedihkan. Saya senang sekali mendengar akan ada kompetisi lagi. Katanya, tanggal 1 Oktober. Kami semua pemain pasti senang dengan kabar ini. Soalnya, di Eropa sudah mulai,” ujarnya. 

Madura United sebelum Liga 1 dihentikan sementara sudah memainkan tiga laga dan meraih empat poin. Mereka saat ini berada di posisi kedelapan dalam klasemen sementara Liga 1 2020.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini