Jack Charlton Meninggal Dunia, Ini Sederet Prestasinya

Ezha Herdanu, Jurnalis · Minggu 12 Juli 2020 20:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 12 51 2245243 jack-charlton-meninggal-dunia-ini-sederet-prestasinya-0en3tvQStm.jpg Jack Charlton (Foto: Zimbio)

LEEDS – Kabar duka kembali menyelimuti dunia sepakbola, kali ini hadir dari pemain legendaris milik Leeds United, yakni Jack Charlton. Ya, Charlton dikabarkan telah meninggal dunia di usia 85 tahun pada Sabtu, 11 Juli 2020 pagi WIB.

Kabar meninggalnya Charlton sendiri diumumkan oleh pihak Leeds belum lama ini. Seperti dikutip dari Sky Sports, Minggu (12/7/2020), penyebab utama di balik kematian Charlton sendiri adalah penyakit yang sudah lama dideritanya.

Kabar meninggalnya memang menjadi kabar sedih untuk para pecinta sepakbola Inggris, terutama para pendukung Leeds. Terlebih Charlton sendiri memang menghabiskan sepanjang karier profesionalnya sebagai pesepakbola bersama Leeds.

Jack Charlton

Bersama The Whites –julukan Leeds– Charlton sendiri memang menyumbangkan sederet prestasi. Ya, kakak kandung dari legenda Manchester United, yakni Boby Charlton, itu sempat membawa Leeds menjuarai tiga gelar juara, yakni satu gelar divisi Championship pada musim 1963-1964, lalu Piala Liga Inggris 1967-1968, dan Liga Inggris 1968-1969.

Baca Juga: Daftar Pesepakbola Muslim yang Berkarier di Kompetisi Eropa

Selain berprestasi di level klub, Charlton juga mampu membawa tim nasional (Timnas) Inggris keluar sebagai kampiun Piala Dunia edisi 1966. Ya, Charlton kala itu berhasil bahu-membahu dengan sang adik untuk bisa membawa The Three Lions –julukan Timnas Inggris– jadi juara Piala Dunia di rumah mereka sendiri.

Pada partai final, Timnas Inggris berhasil menyudahi perlawanan Jerman Barat dengan skor akhir 4-2. Charlton sendiri memiliki 35 caps bersama selama lima tahun atau tepatnya dari 1965 hingga 1970 membela panji Timnas Inggris, dan berhasil menyumbangkan enam gol.

Charlton sendiri akhirnya memutuskan untuk pensiun sebagai pesepakbola profesional di akhir musim 1972-1973 di klub yang membesarkan namanya, Leeds. Setelah pensiun, Charlton pun coba peruntungan dengan menjadi seorang manajer.

Klub pertama yang merasakan tanggan dingin Charlton adalah Middlesbrough. Bersama Middlesbrough, Charlton mampu membawa klub besutannya itu menjuarai divisi ketiga Liga Inggris pada musim 1973-1974. Prestasi itu pun membuat Middlesbrough berhasil promosi ke divisi Championship.

Setelah itu, Charlton pun menerima tantangan untuk mengulangi prestasi kala membesut Sheffield United. Charlton sendiri mampu menjawab tantangan itu dengan membawa Sheffield promosi ke divisi kedua pada musim 1979-1980.

Baca Juga: Pesona Cho So-hyun, Pesepakbola Wanita Terbaik Korea Selatan

Dengan sederet prestasinya tersebut, Charlton pun mendapatkan kepercayaan untuk menukangi Timnas Republik Irlandia. Bersama Timnas Irlandia, Charlton juga berhasil membuat kejutan dengan membawa tim berjuluk Plucky Ireland itu lolos ke perempatfinal Piala Dunia 1990, sebelum akhirnya disingkirkan oleh tim tuan rumah, yakni Italia, dengan skor 0-1.

Charlton sendiri bertahan melatih Timnas Republik Irlandia hingga 1996. Namun pada pertengahan 1996, Charlton memutuskan untuk pensiun dari dunia sepakbola dan memilih untuk menghabiskan waktunya bersama keluarga hingga akhir hayatnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini