Pesona Cho So-hyun, Pesepakbola Wanita Terbaik Korea Selatan

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Minggu 12 Juli 2020 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 12 51 2245025 pesona-cho-so-hyun-pesepakbola-wanita-terbaik-korea-selatan-4DpNLUilY5.jpg Cho So-hyun menjadi pesepakbola Korea Selatan dengan caps terbanyak (Foto: Instagram/@sohyun_cho_0326)

PERKEMBANGAN sepakbola wanita di Korea Selatan tengah menggeliat dalam beberapa tahun terakhir. Seiring dengan hal tersebut, muncul nama Cho So-hyun, yang tidak hanya cantik, tetapi juga menyandang status sebagai kapten Tim Nasional (Timnas) Korea Selatan.

Cho So-hyun memulai karier sepakbola bersama klub Suwon FMC pada 2009-2010. Setahun berselang, ia hengkang ke Hyundai Steel Red Angels dan menetap hingga 2017. Sempat dipinjamkan ke INAC Kobe Leonessa di Jepang, kariernya lantas melesat dengan hengkang ke luar Benua Asia.

Baca juga: Cantiknya Han Hye-jin, Bintang Drakor Istri Pesepakbola Korsel Ki Sung-yueng

Perempuan bertinggi badan 167 sentimeter (cm) itu direkrut oleh klub Norwegia, Avaldsnes IL, pada 2018. Hanya setahun di sana, Cho So-hyun akhirnya merasakan atmosfer Liga Inggris dengan bergabung ke West Ham United pada 2019.

Cho So-hyun direkrut West Ham United sejak 2019 (Foto: Twitter/@westhamwomen)

Walau di klub belum banyak menorehkan prestasi, Cho So-hyun tetap dianggap sebagai pemain sepakbola wanita terbaik di Korea Selatan. Sebab, pesepakbola berusia 32 tahun itu merupakan penyadang caps terbanyak, yakni 126 kali sejak 2007.

Kharisma dan jiwa kepemimpinannya, membuat Cho So-hyun dipilih sebagai kapten Timnas Korea Selatan wanita sejak 2015. Ia mampu membawa negaranya lolos hingga babak 16 Besar Piala Dunia Wanita 2015 di Kanada. Capaian tersebut membuatnya diganjar penghargaan Pesepakbola Wanita Terbaik Korsel.

Sumbangsihnya bagi Timnas wanita Korea Selatan tidak bisa disepelekan begitu saja. Walau berposisi sebagai gelandang, Cho So-hyun sukses mengukir 20 gol. Tak heran, sebutan sebagai ratu sepakbola Korea Selatan melekat padanya.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini