Share

Perjalanan Karier Mason Greenwood di Manchester United dari Junior hingga Senior

Ramdani Bur, Okezone · Rabu 08 Juli 2020 16:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 08 45 2243197 perjalanan-karier-mason-greenwood-di-manchester-united-dari-junior-sehingga-senior-Q5OM2BHd2n.jpg Mason Greenwood (paling kiri) saat berlatih bersama Man United. (Foto: @masongreenwood)

MANCHESTER – Nama Mason Greenwood sedang hangat dibicarakan atas performa moncer yang ditunjukkan bersama Manchester United akhir-akhir ini. Greenwood menarik perhatian karena dalam dua laga terkini di Liga Inggris 2019-2020 membela Man United, penyerang 18 tahun itu mengoleksi tiga gol!

Namun, sebelum namanya terangkat seperti sekarang, Greenwood juga merasakan kerasnya perjuangan menembus skuad utama Setan Merah. Greenwood merupakan pemain jebolan akademi The Red Devils. Ia sudah masuk akademi Man United sejak 2007, atau ketika baru berusia enam tahun.

Mason Greenwood

(Mason Greenwood saat membela tim junior Man United (Foto: @masongreenwood)

Akhir tahun lalu, Greenwood pernah mengunggah foto sedang membela tim akademi Man United. Ia mengenakan jersey Man United keluaran 2009-2010. Hal itu berarti saat foto diambil, Greenwood berusia di antara delapan atau sembilan tahun.

Lewat perjuangan keras, Greenwood dipromosikan ke tim U-18 Man United pada 2017, meski ia baru berusia 16 tahun saat itu. Greenwood yang memiliki naluri gol tinggi itu bahkan keluar sebagai top skor U-18 Premier League North setelah mengoleksi 17 gol dari 21 pertandingan pada 2017-2018.

Kemudian pada musim panas 2018, Greenwood pertama kalinya masuk tim senior Setan Merah. Ia dibawa pelatih Man United saat itu Jose Mourinho untuk menjalani tur pramusim di Amerika Serikat. Ia pun menjalani debut bersama tim senior Man United (di laga non-kompetitif) pada 20 Juli 2020 saat menghadapi Club America (Meksiko).

Saat itu, Greenwood masuk di menit 76 menggantikan Luke Shaw dalam laga yang berakhir 1-1 tersebut. Meski begitu, debut bagi Greenwood di laga resmi baru tercipta hampir setahun kemudian. Ia masuk di menit 87 menggantikan Ashley Young saat Man United menang 3-1 atas Paris Saint-Germain di leg II babak 16 besar Liga Champions 2018-2019.

BACA JUGA: Luke Shaw Prediksi Mason Greenwood Akan Jadi Legenda Man United

Mencatatkan debut di usia 17 tahun 156 hari, Greenwood tercatat sebagai pemain kedua termuda Man United yang melakoni debut di tim senior, di bawah Norman Whiteside. Selang empat hari atau saat Man United kalah 0-2 dari Arsenal, Greenwood mencetak debut di Liga Inggris.

Lantas, kapan gol pertama dilesakkan Greenwood untuk tim senior Man United? Momen itu baru tercipta musim ini, mengingat di sepanjang musim 2018-2019, Greenwood hanya turun empat kali. Gol pertama Greenwood tercipta saat Man United menang 1-0 atas Astana di matchday pertama Grup L Liga Eropa 2019-2020.

Mason Greenwood

Gol tersebut merupakan satu-satunya gol yang tercipta dalam laga tersebut. Setelah keberhasilan di atas, Greenwood lebih banyak dimainkan sebagai pelapis dari penyerang tengah Man United, Anthony Martial.

Namun, berkah menimpa Greenwood semenjak Liga Inggris 2019-2020 kembali bergulir pertengahan Juni 2020. Karena Man United tidak memiliki winger kanan jempolan, Greenwood pun diperankan di posisi tersebut. Hasilnya pun luar biasa, yang mana ia mengoleksi tiga gol dari empat kesempatan mentas sebagai winger kanan. Jika ditotal sepanjang musim ini, Greenwood mengoleksi 17 gol dari 43 pertandingan di semua kompetisi.

Sekarang yang jadi pertanyaan, keberadaan Greenwood membuat Man United masih ngotot mendatangkan Jadon Sancho dari Borussia Dortmund? Sebelumnya, Man United berniat mendatangkan Sancho karena Man United kekurangan pemain jempolan di posisi winger kanan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini