Alasan Gelandang Persija Marc Klok Jadi Vegetarian

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Selasa 07 Juli 2020 12:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 07 49 2242418 alasan-gelandang-persija-marc-klok-jadi-vegetarian-5FwRRv7LN7.jpg Marc Klok. (Foto/Persija)

JAKARTA – Gelandang Persija Jakarta, Marc Klok, merupakan seorang vegetarian. Ia bersama sang istri, tidak memakan daging dan hanya memakan sayur, ikan dan buah-buahan.

Dalam Channel YouTube Persija, gelandang asal Belanda tersebut mengungkapkan alasan dia menjadi vegetarian. Salah satu alasannya untuk menjaga tubuhnya tetap bagus.

“Tentu tujuannya untuk menjaga kondisi tubuh agar lebih baik lagi. Saya pikir kita lebih bagus tidak memakan binatang,” ujar Klok.

“Saya sudah rutin (tidak makan daging) dengan istri dan itu membuat kondisi tubuh saya bagus, juga mengurangi cedera untuk saya,” lanjut dia.

Foto/Instagram

Baca juga: 2 Makanan Khas Indonesia yang Menjadi Favorit Marc Klok

Baca juga: Rayakan Anniversary Pernikahan, Marco Motta dan Istri Berlibur ke Venice

Klok merupakan pemain yang bermain sebagai gelandang bertahan. Menurutnya ada tiga kunci untuk menjadi gelandang bertahan yang tangguh.

Pertama, gelandang bertahan harus memiliki naluri bertahan. Hal itu penting karena gelandang bertahan harus menghentikan penyerang lawan, agar tidak memberikan umpan atau mencetak gol.

Kedua, setiap gelandang bertahan harus mempunyai kemampuan operan bola yang baik. Pasalnya, gelandang bertahan juga punya tugas mengalirkan bola dari bek kepada penyerang.

Ketiga, lanjut Klok, bentuk tubuh harus bagus. Ia menekankan gelandang bertahan harus memiliki stamina yang prima. Hal ini sangat penting karena gelandang bertahan harus bermain stabil selama 90 menit.

Menurut Klok, tugas gelandang bertahan sangat berat. Pasalnya, pemain yang berperang sebagai seorang gelandang bertahan harus rela maju-mundur di tengah lapangan sepanjang pertandingan bergulir.

Klok mengakui jika ia tidak menjadi pesepakbola, ia memilih menjadi petenis. Ia menceritakan dirinya suka tenis dan sepakbola sedari kecil.

“Suka tenis dari kecil. Dari kecil saya main sepakbola dan tenis tapi papa saya meminta saya harus memilih salah satu olahraga, jadi saya pilih sepakbola. Idola saya Roger Federer, Rafael Nadal, Novak Djokovic,” pungkas dia.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini